Minat Mahasiswa Terhadap Penggunaan QRIS di Era Digital
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat mahasiswa terhadap metode pembayaran digital Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) dalam transaksi sehari-hari. Latar belakang penelitian ini adalah pengaruh teknologi modern terhadap penggunaan transaksi pembayaran digital. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif melalui wawancara dengan beberapa mahasiswa dan studi literatur dari jurnal ilmiah yang diperoleh melalui Google Schoolar. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar mahasiswa sebagai generasi digital lebih mempertimbangkan nilai dan rasa aman dalam menggunakan teknologi pembayaran digital. Kesimpulan dari penelitian ini adalah mahasiswa lebih mempertimbangan nilai dan rasa aman saat menggunakan pembayaran digital sehingga pengembangan dan promosi QRIS di kalangan mahasiswa sebaiknya difokuskan pada peningkatan manfaat yang dirasakan serta jaminan kepercayaan terhadap sistem pembayaran QRIS di Indonesia.
Keywords
References
Abdillah, R., Hermawan Adinugraha, H., Shulthoni, M., Islam, U., Abdurrahman, N. K. H., & Pekalongan, W. (2024). Perilaku Konsumtif dan Media Sosial Gen Z terhadap Minat Menabung di Dompet Digital. 2(4). http://jim.ac.id/index.php/JEBISKU/
Adjie, M., Mt, P., & Sukresna, M. (2021). DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Pengguna Dompet Digital (e-Wallet) OVO di Kota Semarang). DIPONEGORO JOURNAL OF MANAGEMENT, 10(1), 1–11. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Afolo, S. C. M., & Dewi, N. N. S. R. T. (2022). MINAT MAHASISWA AKUNTANSI UNTRIM SEBAGAI PENGGUNA E-WALLET DENGAN MEMPERTIMBANGKAN PERSEPSI KEMANFAATAN, PERSEPSI KEMUDAHAN, DAN PERSEPSI KEPERCAYAAN. KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, 13(2), 267–277. https://doi.org/10.22225/kr.13.2.2022.267-277
Aldi Samara, & Metta Susanti. (2023). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Pengalaman Pengguna Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Penggunaan Aplikasi Dompet Digital (E-Wallet) di Kalangan Mahasiswa Universitas Buddhi Dharma. Jurnal Riset Akuntansi, 1(2), 249–260. https://doi.org/10.54066/jura-itb.v1i2.700
Algusri, J., Magdalena, M., Misral, M., Karimi, K., & Diva Darmawani, R. (2023). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Manfaat Terhadap Minat Penggunaan E-Wallet Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 13(2), 222–231. https://doi.org/10.37859/jae.v13i2.5915
Anggriani, L., Diana, N., Diah Fakhriyyah, D., Studi Akuntansi, P., Ekonomi dan Bisnis, F., & Islam Malang, U. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan, Persepsi Kegunaan, dan Kemudahan Penggunaan pada Minat Penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Dalam Transaksi Keuangan (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEB Unisma Tahun 2019). In e_Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi (Vol. 12). http://jim.unisma.ac.id/index.php/jra,
Anjani, D., Awali, H., Misidawati, D. N., Ekonomi, F., Islam, B., & Pekalongan, I. (n.d.). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Generasi Z Dalam Menggunakan Sistem Pembayaran E-Wallet. www.dana.id,
Arief Rahman, M., Warokka, A., & Yayuk Priyati, R. (2024). MINAT PENGGUNAAN CASHLESS PAYMENT SISTEM DOMPET DIGITAL PADA MAHASISWA DI PAPUA BARAT. In SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business (Vol. 7, Issue 3).
Atriani, A., Permadi, L. A., & Rinuastuti, B. H. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Menggunakan Dompet Digital OVO. JURNAL SOSIAL EKONOMI DAN HUMANIORA, 6(1), 54–61. https://doi.org/10.29303/jseh.v6i1.78
Ayu, W., 1✉, F., & Kusumawati, E. (n.d.). Minat Penggunaan Sistem Pembayaran Shopeepay Sebagai Dompet Digital.
Ekonomika, J., Islam, B., Endriyanto, R., Islam, E., Ekonomi, F., Bisnis, D., & Indrarini, R. (n.d.). PENGARUH PROMOSI DAN FITUR LAYANAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN E-WALLET LINKAJA (STUDI KASUS DI SURABAYA). https://journal.unesa.ac.id/index.php/jei
Handayani, R., & Sulaeman, E. (2022). YUME : Journal of Management Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Promosi Cashback Terhadap Minat Menggunakan Kembali Dompet Digital ShopeePay. YUME : Journal of Management, 5(3), 81–92. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.4749
Hanif, R. (n.d.). CAPITAL: Jurnal Ekonomi dan Manajemen PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN TERHADAP MINAT GUNA MELALUI KEPERCAYAAN PADA PENGGUNA DOMPET DIGITAL GOPAY. https://doi.org/10.25273/The
Jurnal, L., Kusuma Wardani, V., Wardoyo, C., & Wulandari, D. (2024). Volume 12 Nomor 2 Halaman 451-468 Jurnal Ilmu Manajemen Investigasi variabel-variabel yang memengaruhi minat penggunaan QRIS oleh mahasiswa: financial literacy sebagai variabel moderasi.
Kesuma, P., & Nurbaiti, N. (2023). Minat Menggunakan E-Wallet Dana Di Kalangan Mahasiswa Di Kota Medan. Jesya, 6(1), 694–703. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.979
Kezia, O., Altara, P., Triyanto, E., Program, S., Akuntansi, S., Tinggi, I. E., & Surakarta, S. (2023). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PENGGUNAAN E-WALLET. In JCI Jurnal Cakrawala Ilmiah (Vol. 2, Issue 8). http://bajangjournal.com/index.php/JCI
Khairina, N. (2024). Pengaruh Persepsi Pengetahuan, Kemudahan Penggunaan, Dan Kemanfaatan Terhadap Minat Menggunakan Layanan Dompet Digital Bagi Generasi X Di Medan. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan). https://doi.org/10.29408/jpek.v8i3.28907
Kusuma Wardani, D., Nofita Sari, A., & Studi Akuntansi, P. (2023). Minat Penggunaan Terhadap Penggunaan Sesungguhnya Quick Response Code Indonesia Standard (Qris) Di Era New Normal. Jurnal Simki Economic, 6(1), 1–8. https://jiped.org/index.php/JSE
Mahasiswa Saint Paul Kota Sorong Masseni, K., Jitmau, F., Leiwakabessy, P., & Fitri Ramadhani, A. (2025). Peran Dompet Digital Dalam Mempermudah Proses Transaksi Di. Ekonomi Dan Bisnis Islam, 7(1), 2025. https://doi.org/10.47435/asy-syarikah.v7i1.3602
Murni, S., & Dian Fitri, C. (2024). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PENGGUNAAN DOMPET DIGITAL DALAM TINJAUAN EKONOMI ISLAM (STUDI PADA MASYARAKAT KOTA BANDA ACEH). JIHBIZ: Global Journal of Islamic Banking and Finance, 6(2).
Muthi’ah, F., & Indrarini, R. (2023). Pengaruh Literasi, Kegunaan, dan Kemudahan Terhadap Minat Masyarakat Menggunakan Dompet Digital Syariah. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 7. https://doi.org/10.30868/ad.v7i01.4050
Mutmainah, K., & Maulidi, R. (n.d.). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PENGGUNA SISTEM INFORMASI AKUNTANSI BERBASIS DOMPET DIGITAL (Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Sains Al-Qur’an).
Nafisah Dwi Yuliarida, Siti Nurazizah, & Abdul Yusuf. (2024). Persepsi Kemudahan Terhadap Minat Menggunakan Pembayaran Dompet Digital DANA (Survei Pada Mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang). Economic Reviews Journal, 3(3). https://doi.org/10.56709/mrj.v3i3.276
Octavian, H. S., & Soedargo, B. P. (2023). Perilaku Penggunaan Dompet Digital pada Generasi Z di Bogor. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 11(1). https://doi.org/10.37641/jimkes.v11i1.1727
Pebriantie, D., & Sulaeman, E. (2023). Pengaruh Persepsi Resiko dan Kepercayaan Konsumen terhadap Minat Pengaruh Persepsi Resiko dan Kepercayaan Konsumen terhadap Minat Menggunakan Dompet Digital Shopeepay.
Ramadaey Bangsa, J., & Lu’ul Khumaeroh, L. (2023). The Effect of Perceived Benefits and Ease of Use on the Decision to Use Shopeepay QRIS on Digital Business Students of Ngudi Waluyo University. In Manajemen dan Akuntansi (Vol. 3, Issue 1). Januri. http://jibaku.unw.ac.id
Rodiah, S. R., & Melati, I. S. (2020). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kemanfaatan, Risiko, dan Kepercayaan terhadap Minat Menggunakan E-wallet pada Generasi Milenial Kota Semarang. Journal of Economic Education and Entrepreneurship, 1(2), 66. https://doi.org/10.31331/jeee.v1i2.1293
Rosita Arini Setyaningsih, P., Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN Anastasia Imelda Putri, S., & Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN, S. (2024). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA STIE YKPN DALAM MENGGUNAKAN QUICK RESPONSE CODE INDONESIA STANDARD (QRIS). 18(2).
Seputri, W., Soemitra, A., Ahmadi, N., & Rahmani, B. (2023). 16 | Volume 2 Nomor 2 2023 Pengaruh Technolgy Acceptance Model terhadap Minat Mahasiswa Menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) sebagai Cashless Society. In MES Management Journal (Vol. 2, Issue 2). www.apjii.or.id
Singaperbangsa Karawang Syukriyyah, U. (2023). Pengaruh Promosi Penjualan, Persepsi Manfaat dan Persepsi Kemudahan terhadap Minat menggunakan E-Wallet Shopeepay Pada Mahasiswa. Transformasi Manageria Journal of Islamic Education Management, 3, 263. https://doi.org/10.47476/manageria.v3i2.2329
Suhardi, A. A., Siregar, S., Dharma, B., Ekonomi, F., & Islam, B. (n.d.). Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal Perilaku Konsumsi Mahasiswa Dalam Memanfaatkan Dompet Digital: Studi Kasus Mahasiswa/i UINSU Medan. https://doi.org/10.47476/reslaj.v6i1.4576
Utomo, S. B., Utami, E. Y., Mardiah, A., Wijaya, I., & Mulatsih, L. S. (2023). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NIAT MAHASISWA EKONOMI DALAM PENGGUNAAN DOMPET DIGITAL (Vol. 8, Issue 1).
DOI: https://doi.org/10.46576/bn.v8i2.6537
Article Metrics
Abstract view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Vinida Shima Sabela, Afiriliya Rayyana Isnanda, Luqman Hakim, Retno Mustika Dewi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Bisnis Net Terindeks pada:
Member Of:
BISNIS NET : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS Published By :
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jurnal_bisnisnet@dharmawangsa.ac.id
Bisnis Net : Jurnal Ekonomi dan Bisnis By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/bisnet/index




.gif)





