STRATEGI PENERAPAN RENCANA INDUK PENGEMBANGAN EKONOMI KOTA MEDAN SEKTOR PEMBANGUNAN SEKTOR PARIWISATA DAN PEMBERDAYAAN KOPERASI DAN UMKM

Regen Harahap, Tia Fany Simbolon

Abstract


Penelitian ini membahas strategi pemberdayaan koperasi dan UMKM serta pembangunan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Kota Medan. Berdasarkan hasil kajian, beberapa kesimpulan dapat diambil untuk direkomendasikan kepada Pemerintah Kota Medan. Dalam upaya pemberdayaan koperasi dan UMKM, disarankan penyusunan peraturan daerah terkait penjaminan kredit, pengembangan lembaga keuangan mikro (LKM), dan fasilitasi sertifikasi hak atas tanah untuk meningkatkan akses permodalan. Pemerintah juga perlu memfasilitasi kemitraan antara koperasi dan perbankan, serta membentuk Pusat Informasi Bisnis dan Teknologi dan sarana promosi seperti trade center.

Di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, strategi yang diusulkan meliputi peningkatan efektivitas promosi melalui teknologi informasi, pengembangan sistem informasi pariwisata terintegrasi, dan pengembangan varian produk wisata. Selain itu, diperlukan harmonisasi aturan, peningkatan keamanan dan akses ke tujuan wisata, kemitraan masyarakat dalam kepariwisataan, serta penyusunan standar usaha dan kompetensi SDM. Penyusunan cetak biru pariwisata juga menjadi langkah penting untuk pembangunan jangka panjang di Kota Medan.

Keywords


Strategi Pengembangan Ekonomi, Sektor Pariwisata, UMKM

References


Arikunto, Suharsimi, 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta

Badan Pusat Statistik. Sumatera Utara dalam Angka, Berbagai Edisi. Medan.

Badan Pusat Statistik. Medan dalam Angka, Berbagai Edisi. Medan.

Bank Indonesia, 2008. Profil dan Pemetaan Daya Saing Ekonomi Daerah Kabupaten/Kota di Indonesia. Jakarta : Rajawali Pers.

Basri, Faisal dan Haris Munandar. 2009. Lanskap Ekonomi Indonesia : Kajian dan Renungan Terhadap Masalah-Masalah Struktural, Transformasi Baru dan Prospek Perekonomian Indonesia. Jakarta : Kencana.

KPPOD. 2004. Daya Tarik Investasi 214 Kabupaten/Kota di Indonesia Tahun 2004. Jakarta : KPPOD.

Kuncoro, Mudrajad dan Anggi Rahajeng. 2004. Daya Tarik Investasi dan Pungli di DIY. Yogyakarta : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia.

Kuncoro, Mudrajad. 2004. Otonomi dan Pembangunan Daerah : Reformasi, Perencanaan, Strategi, dan Peluang. Jakarta : Erlangga.

--------. 2003. Ekonomi Pembangunan : Teori, Masalah, dan Kebijakan. Yogyakarta : UPP AMP YKPN.

Rangkuti, Freddy. Analisa SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT. SUN. Jakarta : 2000.

Retnadi, Djoko. Menengok Kebijakan UMKM di Malaysia. Kompas. 16 Oktober 2004.

Saaty, Thomas L. (1990). Decision Making For Leader: The Analytic Hierarchy Process For Decision in A Complex World. Pittsburgh : Univesity of Pittsburgh.

Sugiyono, 2005. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta

Tambunan, Tulus T.H. 2001. Transformasi Ekonomi di Indonesia : teori dan penemuan empiris. Jakarta : Salemba Empat.

Umar, H, 2000. Riset Pasar, Strategi Perusahaan, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.46576/bn.v7i2.4982

Article Metrics

Abstract view : 69 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Regen Harahap, Tia Fany Simbolon

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Bisnis Net Terindeks pada:

   

Member Of: 

BISNIS NET : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS Published By :
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jurnal_bisnisnet@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Bisnis Net : Jurnal Ekonomi dan Bisnis By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/bisnet/index