PENGARUH E-COMMERCE, SOSIAL MEDIA, DAN FINANCIAL TECHNOLOGY TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DI SUMBAWA BESAR

Aprilia Maharani, Nurabiah Nurabiah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-commerce, sosial media, dan financial technology terhadap peningkatan pendapatan UMKM di Sumbawa Besar. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian asosiatif dengan metode kuantitatif. Penelitian ini memperoleh data dengan menyebarkan kuesioner secara langsung dan melalui google forms. Penentuan sample dengan teknik porposive sampling dengan kriteria UMKM yang menggunakan e-commerce, sosial media, dan financial technology dalam penjualannya, sehingga diperoleh jumlah sebanyak 65 UMKM. Adapun alat analisis menggunakan SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-commerce, sosial media, dan financial technology memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap peningkatan pendapatan UMKM di Sumbawa Besar.


Keywords


E-commerce, Sosial Media, Financial Technology, Peningkatan Pendapatan, UMKM Sumbawa Besar.

References


Agnesia, V., & Saputra, A. J. (2022). Pengaruh Penggunaan E-Commerce, Financial Technology dan Media Sosial Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM Kota Dumai. E-Jurnal Akuntansi, 32(3), 750–761.

Aisyah, S., & Rachmadi, K. R. (2022). Digitalisasi Pemasaran Melalui Sosial Media Marketing pada Pelaku UMKM Guna Peningkatan Pendapatan. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 442–448.

Al Rasyid, H. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan dan Pemanfaatan Teknologi Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Go-Jek. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 210–223.

Aprilian, I. Y., Lestari, B. A. H., & Nurabiah. (2023). The Effect of Financial Literacy, Financial Attitudes and Income Levels on the Financial Behavior of the People in Saribaye Village, Lingsar District, West Lombok Regency. 1(March).

Aprilyan, Y., & Sasanti, E. E. (2022). Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Umkm) di Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 2(2), 292–306. https://doi.org/10.29303/risma.v2i2.216

Arianty, R., Kausar, A., Paris, D., Katti, S. W. B., Sudirman, & Qur’ani, B. (2022). Analisis Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Kinerja Umkm (Studi Kasus pada UMKM di Kota Makassar). Jurnal Sains Manajemen Nitro, 1(2), 174–181.

Berlianawati, D. I., Nurabiah, & Ridhawati, R. (2024). Exploring The Mind of Gen Z: Deciphering E-wallet Adoption Through The Lens of TPB Theory. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 19(1), 133–150.

Davis, F. D., Bagozzi, R. P., & Warshaw, P. R. (1989). Technology Acceptance Model. J Manag Sci, 35(8), 982–1003.

Diah, C., & Melda, N. (2020). Pemetaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pada Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Analisis Media Sosial dalam Upaya Peningkatan Pendapatan. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat ISSN 1410 – 5675, 9(4), 275 – 282.

Ekombis Review -Jurnal, J., Ekonomi, I., Bisnis, D., Auliya, B., Salsabilla, N., Handajani, L., & Nurabiah, ) ; (2023). Pengaruh Financial Knowledge, Financial Attitude Dan Locus Of Control Terhadap Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Akuntansi FEB Universitas Mataram. Jurnal Ekombis Review, 11(2), 1375–1384. https://jurnal.unived.ac.id/index.php/er/indexDOI:https://doi.org/10.37676/ekombis.v11i12

Fibriyani, V., & Mufidah, E. (2018). Pengaruh Faktor Eksternal dan Internal Terhadap Kinerja UMKM di Kota Pasuruan. Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Akuntansi, 3(3), 873–886.

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares Konsep Teknik dan Aplikasi dengan Program Smart PLS 3.0. Universitas Diponegoro Semarang.

Habiba, A. F. C., & Prasetyia, F. (2022). Analisis Pengaruh Penerapan E-commerce Terhadap Pendapatan UMKM di Masa Pandemi (Studi Kasus Sektor Kuliner di Kota Malang). Journal of Development Economic and Social Studies, 1(3), 408–420.

Hair, J. F., Hult, T., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2022). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Springer.

Harto, D., Pratiwi, S. R., Utomo, M. N., & Rahmawati, M. (2019). Penerapan Internet Marketing dalam Meningkatkan Pendapatan pada UMKM. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat)2, 3(1), 39–45.

Helmalia, H., & Afrinawati, A. (2018). Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Padang. JEBI (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 3(2), 237–246.

Henseler, J., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2015). A New Criterion for Assessing Discriminant Validity in Variance-Based Structural Equation Modeling. Journal of the Academy of Marketing Science, 43, 115 – 135.

Hl, A., Fr, A. F., Budaya, P., & Terhadap, O. (2015). Bq. Anggun HL., Nurabiah, & Aditya Fajar FR. : Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap…......... 102–120.

Ikhsan, M., & Hasan, M. (2020). Analisis Dampak Penggunaan E-Commerce dalam Meningkatkan Omzet Penjualan Usaha Mikro Kecil Menengah di Kota Makassar. Journal of Economic Education and Entrepreneurship Studies, 1(1), 39–46.

Latief, A., Nurlina, N., Medagri, E., & Suharyanto, A. (2019). Pengaruh Manajemen Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap Terhadap Kinerja Karyawan. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 11(2), 173–182.

Lestari, D. A., Purnamasari, E. D., & Setiawan, B. (2020). Pengaruh Payment Gateway Terhadap Kinerja Keuangan UMKM. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Ekonomi, 1(1), 1–10.

Madrianah, M., Kausar, A., Muchsidin, F. P., & Verawaty, V. (2023). Pengaruh E-Commerce Terhadap Pendapatan UMKM yang Bermitra Gojek dalam Masa Pandemi Covid-19 di Kota Makassar. JEMMA (Journal of Economic, Management And Accounting), 6(1), 34–42.

Mithasarinama, N. E., & Inapty, B. A. (2023). Determinan Tata Kelola Pemerintahan pada OPD Kabupaten Bima. Akuntansi Dan Teknologi Informasi, 16(1), 30–38.

Najati, I., Pituringsih, E., & Animah, A. (2017). Peran Sistem Akuntansi Instansi Berbasis Akrual dalam Meningkatkan Kualitas Laporan Keuangan. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 25. https://doi.org/10.24843/jiab.2017.v12.i01.p04

Novita, W., & Triadi, Y. (2022). Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Padang. Informasi Bisnis. Jurnal Teknologi Dan Sistem, 4(1), 152–161.

Nurabiah, N., Pusparini, H., & Mariadi, Y. (2020). Faktor-Faktor Kontijensi Yang Memengaruhi Pengimplementasian Praktik Akuntansi Maanajemen Pada Usaha Kecil Menengah (Umkm) Di Kota Mataram. Jurnal Aplikasi Akuntansi, 5(1), 72–89. https://doi.org/10.29303/jaa.v5i1.91

Nurabiah, Pusparini, H., & Mariadi, Y. (2021). E-Commerce Dan Sistem Informasi Akuntansi Berwirausaha. Jurnal Aplikasi Akuntansi, 238–253.

Nurjanah, Y., & Dewi, K. (2023). Pengaruh Financial Technology Terhadap Pendapatan UKM di Bogor. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 11(1), 147–156.

Orinaldi, M. (2020). Peran E-commerce dalam Meningkatkan Resiliensi Bisnis di Era Pandemi. ILTIZAM Journal of Shariah Economics Research, 4(2), 36–53.

Rahmanda, E., & Amanah, L. (2021). Pengaruh Modal Pribadi, Harga dan Sosial Media Terhadap Pendapatan UMKM. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi (JIRA), 10(10), 1–16.

Rusdi, R., Armiani, A., & Murjana, I. M. (2023). Pengaruh Media Sosial, E-Commerce, dan Website Terhadap Kinerja UMKM pada UMKM Tenun di Lombok Tengah. Kompeten: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 1(4), 169–177.

Sari, P. P., & Septyarini, E. (2018). Pengaruh Financial Technology Terhadap Kepuasan Keuangan (Studi Kasus pada Pedagang di Pasar Beringharjo Yogyakarta). Jurnal UMKM Dewantara, 1(1), 20–28.

Setyorini, D., Nurhayaty, E., & Rosmita, R. (2019). Pengaruh Transaksi Online (E-Commerce) Terhadap Peningkatan Laba UMKM (Studi Kasus UMKM Pengolahan Besi Ciampea Bogor Jawa Barat). Jurnal Mitra Manajemen, 3(5), 501–509.

Suhaidi, M., Nurhabibah, D., Akbar, E. E., & Iskandar, M. (2022). Pengaruh Word of Mouth dan E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Menurut Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(2), 1911–1926.

Suryana, A. S., L, B. A. H., & Nurabiah, N. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Umkm Di Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Aplikasi Akuntansi, 7(1), 108–122. https://doi.org/10.29303/jaa.v7i1.159

Suyanto, & Kurniawan, T. A. (2019). Faktor yang Memengaruhi Tingkat Kepercayaan Pengguna Fintech pada UMKM dengan Menggunakan Teknologi Acceptance Model (TAM). Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Akmenika, 16(1), 175–186.

Tatian, C. T., Nurabiah, Ridhawati, R., & Thao, H. T. P. (2024). From wallets to screens: Exploring the determinants of QRIS payment adoption among Millennials in Eastern Indonesia. JEMA: Jurnal Ilmiah Bidang Akuntansi Dan Manajemen, 21(1), 87–113. https://doi.org/10.31106/jema.v21i1.21712

Wahyuni, S., Armiani, A., Setiawati, E., & Pirdaus, I. (2024). Pengaruh Financial Technology, Media Sosial, E-Commerce, dan Google My Business terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM. Kompeten: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 2(4), 731–745.

Yudowati, R., & Handiatmoko, D. (2021). Pengaruh E–Marketing dan E-Comerce Terhadap Pendapatan Usaha UMKM di Tengah Pandemi Covid 19 (Studi Kasus Kecamatan Duren Sawit) The Effect of E-Marketing And E-Commerce on Msme Business Revenue In The Middle of The Covid-19 Pandemic (Case Study of Duren . JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting And Research), 5(4), 987–1005.

Yusmaniarti, Y., Santi, F., Tamsi, F. L., Marini, M., & Setiorini, H. (2022). Sosialisasi Media Sosial Sebagai Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Pendapatan di Masa Pandemi Bagi Pelaku UMKM. Jurnal Dehasen Mengabdi, 1(1), 57–60.

Yusuf, M. (2022). Pengaruh Electronic Commerce (E-Commerce) Terhadap Peningkatan Pendapatan pada UMKM di Kecamatan Bekasi Utara. Jurnal Akuntansi STEI, 5(1), 19–30.




DOI: https://doi.org/10.46576/bn.v7i2.4869

Article Metrics

Abstract view : 117 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 37 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Aprilia Maharani, Nurabiah Nurabiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Bisnis Net Terindeks pada:

   

Member Of: 

BISNIS NET : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS Published By :
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jurnal_bisnisnet@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Bisnis Net : Jurnal Ekonomi dan Bisnis By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/bisnet/index