PERAN GURU DALAM KEAGAMAAN SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH BABUL ULUM PAJAK RAMBE MEDAN LABUHAN

Muhammad Aqsho, Fauzi Lubis, Muhammad Akbar

Abstract


Hasil penelitian Sikap Keberagamaan siswa di MTs Babul Ulum Pajak Rambe Kecamatan Medan Labuhan, Sikap Keberagamaan siswa mencakup (1)segi ibadahnya, (2)etisnya, (3)tuturkatanya yang santun, (4)hubungan baiknya dengan Allah, (5)hubungan baiknya dengan sesama, (6)Religius, (7)jujur, disiplin, (8)selalu membawa juz amma, (9)melaksanakan shalat wajib dan sunnah, (10)membaca dan menghafal al-qur’an lebih taat kepada allah (11)dan juga timbulnya pada diri siswa perasaan menyesal setelah tidak mau mengikuti praktik keagamaan. Peran Guru Dalam Meningkatkan Sikap keberagamaan Siswa di MTs Babul Ulum Kecamatan Medan Labuhan, (1) mencerdaskan anak, (2) mendidik anak untuk bisa menjadi orang yang berguna nantinya bagi nusa bangsa dan agama, (3) membimbing, (4) mengayomi, (5) memberikan teladan juga kepada siswa nya, (6) mengajak anak anak untuk sholat duha setiap pagi setidaknya itu mengajarkan mereka untuk sebelum belajar kita awali dengan duha agar dapat menjadi enegri positif, (7) membaca surah surah alquran baik ketika berbaris atau sebelum memulai pelajaran ketika didalam kelas. (8) tekun dalam agamanya, (9) taat beribadah baik hubungannya dengan tuhan, baik pula hubungannya dengan manusia, (10) menanamkan sikap ketuhanannya, (11) ketauhidannya, (12) syariat islamnya, (13) Memberikan simulasi untuk mengetahui tingkat keagamaan yang dimiliki oleh para siswa atau siswi. (14) menanamkan dan menyebarluaskan nilai-nilai keagamaan dalam diri siswa. Faktor-Faktor Pendukung Yang Dapat Membantu Guru Dalam Meningkatkan Sikap Keberagamaan Siswa di MTs Babul Ulum, terdapat dua faktor ialah (1)faktor dari luar, (a)Latar belakang keluarga, Kendala-kendala yang dihadapi guru dalam Meningkatkan sikap keberagamaan siswa di MTs Babul Ulum. (1) Pola pikir yang cendrung dibawah Rata-rata, Tingkat anak berbeda beda ada tingkat IQ yang tinggi dan IQ rendah kalau tingkat anak yang rendah semua harus lebih diperhatikan. (2) kurangnya pengajaran agama dari keluarga yang diberikan kepada siswa dalam membina, (3) kurangnya metode pengajaran yang diterima oleh siswa jadi sulit untuk merubah akhlak siswa tersebut karena kurangnya didikan dari orang tua.

Keywords


Peran Guru dan Keagamaan Siswa

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M, (2001), Peran Guru. Jakarta: Erlangga.

Abu, Ahmadi, (2001), Definisi Peran Guru. Jakarta: Bumi Aksara.

Bahri, Syaiful, (2002), Peran Guru, Jakarta: Penerbit Bineka Cipta.

Chotimah, Husnul, (2008), Definisi Guru. Jakarta: Erlangga.

Hamalik, Oemar, (2002), Sikap dan Sifat Guru Yang Baik. Jakarta: Universitas.

Mulyasa, (2003), Definisi Guru. Jakarta: Erlangga.

Putra, Udin. S winata, (2002), Strategi Pembentukkan Keagamaan siswa, Jakarta: Universitas Terbuka.

Setiawan, Cony, (2000), Keagamaan Siswa dan Siswi. Jakarta:Grasindo.

Soekanto, Soerjono, (1987), Peran Guru. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suhendri, (2018), Evaluasi Pendidikan Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam, Almufida Vol III No. 01 Januari-Juni.

Suryana, (2018), Pertumbuhan dan Perkembangan Madrasah di Indonesia, Almufida Vol III No. 01 Januari-Juni.

Tumiran, (2018), Pengelolaan Murid Unggul Berbasis Manajemen, Almufida Vol III No. 01 Januari-Juni.

Uno, Hamzah B, (2006), Aspek Pembelajaran Keagamaan siswa, Jakarta;PT Bumi Aksara.

Usman, Moh. Uzer, (2000), Kedudukan dan Peran Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Zaini, Hisyam, (2006), Strategi Peran Guru. Bandung: UPI Press.




DOI: https://doi.org/10.46576/almufida.v4i2.702

Article Metrics

Abstract view : 168 times
PDF – 231 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Almufida: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman



Almufida Indexed by:

    

 

Member Of :

ALMUFIDA : JURNAL ILMU-ILMU KEISLAMAN Published By :
FAKULTAS AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : almufida@dharmawangsa.ac.id

 

JURNAL Almufida by Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.