PENERAPAN METODE DEMONTRASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI THAHARAH ISTINJA’ MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS. S ALWASHLIYAH TG. MULIA KM. 6†SKRIPSI, FAKULTAS AGAMA ISLAM PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNIVERSITAS DHARMAWANGSA MEDAN 2017

Ahmad Zainuddin Hasibuan, Fahrur Rizal, Rijal Sabri

Abstract


Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa dalam mempelajari Agama Islam khususnya pelajaran fiqih materi thaharah istinja’ dengan menggunakan metode demonstrasi. Hasil pengamatan aktivitas belajar siswa pada siklus I tergolong kurang, pada siklus II meningkat menjadi baik, dan pada siklus III meningkat menjadi sangat baik. Sedangkan untuk hasil test soal yang diberikan kepada siswa pada pra tindakan 17% . sementara untuk siklus I sebesar 35 %, dan peningkatan ini trus terjadi sampai pada siklus II persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal sebesar 89%. Hal ini berarti aktivitas siswa selama pelaksanaan metode demonstrasi pada materi thaharah istinja’ sangat baik.


Keywords


Demonstrasi, Thahara Istinja’ Fiqih

Full Text:

PDF

References


Rachmah, Elfi Yuliani , (2005) Psikologi perkembangan, Yogyakarta: Ponorogo Press Ramayulis, Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2005, cet, IV Ronosulidtyo, (2004) Hanny dan Amirudin, Aam, Seks Tak Sekedar Birahi, Panduan Lengkap Seputar Kesehatan Reproduksi: Tinjauan Islam dan medis, Bandung: Granada Runes dalam, Mhd Noor Syam, Filsafat Pendidikan Dan Dasar Filsafat Pendidikan Pancasila, cet III Surabaya: Uasaha Nasional, 1986 Sanjaya, Wina, Penelitian Tindakan Kelas Jakarta: Kencana Media Group, 2009 Shiddieq, T.M. Hasbi As, Pengantar Ilmu Fiqih, Semarang: Pustaka Rizki Putra, 1997 Soenardjo, dkk., Al-Quran dan Terjamahnya, Semarang: Toha Putra, 1989 Sudirman, Rahmat, Konstruksi Seksualitas Islam Dalam Wacana Sosial: Peralihan Seksualitas, Yogyakarta: Media, 1999 Sudjana, Nana, (1995) Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Sulaiman Rasjid,(2012) Fiqih Islam, Bandung: sinar baru algasindo. Surachmad, Winarto, (1980) Pengantar Intraksi Belajar-Mengajar, Dasar Dan Teknik Metodologi Penganjaran, Bandung:Tarsito. Syah, Muhibbin, (2009) Psikologi Belajar, Jakarta: Rajawali Pers. Tafsir, Ahmad, (1992) Metodik Khusus Pendidikan Agama Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya. Tafsir, Ahmad, (1992) Metodik Khusus Pendidikan Agama, cet-II Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.46576/almufida.v3i2.594

Article Metrics

Abstract view : 1383 times
PDF – 966 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Almufida: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman



Almufida Indexed by:

    

 

Member Of :

ALMUFIDA : JURNAL ILMU-ILMU KEISLAMAN Published By :
FAKULTAS AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : almufida@dharmawangsa.ac.id

 

JURNAL Almufida by Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.