Optimalisasi Dosis EM4 untuk Meningkatkan Efisiensi Pakan dan Laju Pertumbuhan Ikan Nila (Oreochromis Niloticus)

Andreas Hutabarat, Dwi Tika Afriani, Hellentina Mariance Manullang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dosis EM4 terhadap efisiensi pakan dan laju pertumbuhan ikan Nila: Ikan Nila merupakan ikan yang banyak dibudidayakan karena mudah dipelihara, serta laju pertumbuhan dan perkembangbiakannya cepat. Kualitas pakan yang dikonsumsi mempengaruhi pertumbuhan ikan. Probiotik dapat mengoptimalkan pertumbuhan ikan. Salah satu contoh probiotik adalah EM4. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian EM4 pada pakan ikan terhadap pertumbuhan ikan nila (Oreochromis niloticus). Penelitian ini dilakukan di laboratorium basah Universitas Dharmawangsa Medan. Metode percobaan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 3 perlakuan yaitu konsentrasi EM4 15 ml/kg pakan (P1), 20 ml/kg pakan (P2), 25 ml/kg pakan (P3) dan kontrol atau tanpa penambahan EM4 (PC). Pertumbuhan ikan yang diukur adalah rata-rata berat dan panjang total ikan setiap 7 hari. Untuk mengetahui pengaruh pemberian EM4 pada pakan ikan terhadap pertumbuhan ikan Nila (Oreochromis niloticus) digunakan analisis ANAVA đan Uji Duncan. Berdasarkan pengamatan dan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemberian EM4 pada pakan ikan terthadap berat dan panjang total ikan Nila. Konsentrasi EM4 yang optimal untuk pertumbuhan ikan nila adalah 25 ml/kg pakan. Uji ANAVA memberikan hasil signifikan. Berdasarkan uji Duncan, perlakuan yang paling baik adalah P3

Keywords


Ikan Nila, Probiotik, EM4, Pertumbuhan

Full Text:

PDF

References


Agustin, S. R., Pinandoyo, dan V. E. Herawati. 2017. Pengaruh waktu fermentasi limbah bahan organik (kotoran burung puyuh, roti afkir dan ampas tahu) sebagai pupuk untuk pertumbuhan dan kandungan lemak daphnia sp. Jurnal Rekayasa dan Teknologi Budidaya Perairan. 6 (1): 654-655.

Amri, K dan Kanna, I. 2017. Budidaya Udang Vannamei. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta. hal 161

Anis, MY., dan D. Hariani. 2019. Pemberian Pakan Komersial dengan Penambahan EM4 (Effective Microorganisme 4) untuk Meningkatkan Laju Pertumbuhan Lele (Clarias sp). Jurnal Riset BIologi dan Aplikasinya, 1(1): 1-8

Arief, M. 2014. Pemberian Probiotik Yang Berbeda Pada Pakan Komersial Terhadap Pertumbuhan Retensi Protein dan Serat Kasar Pada Ikan Nila Oreochromis sp. Agroveteriner 1(2): 88-98.

Arikunto dan Suharismi. 2019. Teknik Pengelolaan Pakan pada Pembesaran Ikan Nila (Oreochromis niloticus) di Balai Benih Ikan (BBI) Bontomanai, Gowa.

Atifah, 2013. Pengaruh Pemberian Probiotik Dengan Berbagai Dosis Berbeda Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Lele Dumbo (Clarias gariepinus). Jurnal Biologi. Universitas Airlangga

Efi, S. 2023. Pengaruh Pemberian EM4 Dengan Dosis Berbeda Dalam Sistem Akuaponik Terhadap FCR (Feed Convertion Ratio) Dan Kelangsungan Hidup Ikan Nila (Oreochromis niloticus). Jurnal Lemuru, 5 (3).

Fadri. S, Muchlisin Z. A, Sugito S, 2016. Pertumbuhan, Kelangsungan Hidup Dan Daya Cerna Pakan Ikan Nila (Oreochromis Niloticus) Yang Mengandung Tepung Daun Jaloh (Salix Tetrasperma Roxb) Dengan Penambahan Probiotik Em4. Fakultas Kelautan Dan Perikanan, Universitas Syiah Kuala, Darussalam, Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kelautan Dan Perikanan Unsyiah, Vol 1, No 2:210- 221.

Fajrin, 2017. Penambahan Probiotik Em4 Untuk Produktivitas Ikan Nila, Unismuh Luwuk.

Iribarren, D., P. Daga, M. T. Moreira And G. Feijoo. 2012. Potential Environmental Effects Of Probiotics Used In Aquaculture. Aquacult. Int., 20:779-789.

Kamil Nurhidayatina, Indra Suharman Dan Adelina, 2015. Effect Of Probiotic Supplementation In Artificial Diets On Feed Digestibility And Growth Of Tilapia (Oreochromis Niloticus), Fisheries And Marine Science Faculty, Riau University.

Khairuman Dan Amri, 2013. Budidaya Ikan Nila. Penerbit Agromedia Pustaka. Jakarta..

Lumbanbatu, P. 2018. Pengaruh Pemberian Probiotik Em4 Dalam Pakan Buatan Dengan Dosis Yang Berbeda Terhadap Pertumbuhan Dan Kelulushidupan Ikan Nila Merah (Oreochromis Niloticus) Di Air Payau. Skripsi. Program Studi Budidaya Perairan. Universitas Riau. Pekanbaru.

Meilinda, P., Nia Y., Ridha A., dan Supriyono, E.W. 2018. Parameter Fisika Dan Kimia Air Kolam Ikan Nila Hitam (Oreochromis niloticus). Hal. 24 – 34.

Murtidjo, Agus B. 2007. Pedoman Meramu Pakan Unggas. Yogyakarta: Kanisius

Nurita, S., Iskandar, P., Niken, A.P. Pengaruh Pemberian Probiotik EM4 pada Pakan Terhadap Pertumbuhan dan Kelulushidupan Benih Ikan Lele Sangkuriang (Clarias sp) dengan Teknologi Bioflok. 1(1).

Putri, N., Subandiyono. Pinandoyo. 2014. Pengaruh Pemberian Probiotik Dalam Pakan Buatan Tehadap Tingkat Konsumsi Pakan Dan Pertumbuhan Benih Ikan Nila (Oreochromis niloticus).

Rahmadhana et al. 2012. Pemberian Pakan Komersil Dengan Penambahan Probiotik Yang Mengandung Lactobacillus Sp. Terhadap Kecernaan Dan Pertumbuhan Ikan Nila (Oreochromis Niloticus).

Rahmat, W.B.W. 2022. Penambahan Probiotik EM4 dalam Pakan terhadap Pertumbuhan dan Kelangsungan Hidup Ikan Nila (Oreochromis niloticus) dalam Wadah Terkontrol. 22 (1).

Safira, R.F., Sugeng, H.S. 2020. Resirkulasi Air Untuk Optimalisasi Kualitas Air Budidaya Ikan Nila Nirwana (Oreochromis niloticus). 2 (5).

Suhesti, F.L., Salnida, Y., Z, A. 2013. Pengaruh Formulasi Pakan Berbahan Baku Tepung Ikan, Tepung Jagung, Dedak Halus Dan Ampas Tahu Terhadap Pertumbuhan Ikan Nila (Oreochromis sp).

Sumule, J. F., Tobigo, D.T., dan Rusaini. 2017. Aplikasi Probiotik Pada Media Pemeliharaan Terhadap Pertumbuhan dan Sintasan Ikan Nila Merah (Oreochromis sp). Jurnal Agrisains 18(1): 1-12.

Tania, S.A. 2017. Pengaruh pemberian probiotik EM4 terhadap pertumbuhan ikan Lele Sangkuriang (Clarias gariepinus Var) yang dipelihara di kolam terpal. 6 (2).




DOI: https://doi.org/10.46576/jai.v3i2.4821

Article Metrics

Abstract view : 89 times
PDF – 48 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Andreas Hutabarat, Dwi Tika Afriani, Hellentina Mariance Manullang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal AQUACULTURE Indonesia [JAI] telah terindex pada

 

 

JOURNAL CITATION

 

 

JURNAL AQUACULTURE INDONESIA [JAI] published by :

PROGRAM STUDI AKUAKULTUR, FAKULTAS PERIKANAN, UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jai_dw@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License

Jurnal AQUACULTURE Indonesia by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/akuakultur/index