Editorial Policies

Focus and Scope

JAI: Jurnal AQUACULTURE Indonesia merupakan jurnal ilmiah nasional yang mempublikasikan penelitian empiris kajian ilmiah (review) dan perkembangan ilmu pengetahuan terkini di bidang akuakultur (budidaya perairan).

FOKUS JAI: Jurnal AQUACULTURE Indonesia adalah produksi bidang akuakultur air tawar, payau maupun laut. Tak hanya fokus pada pertambahan kuantitas ikan melalui pembibitan, pemeliharaan, kesehatan, dan teknologi pakan, JAI: Jurnal AQUACULTURE Indonesia juga menyangkut tentang kelestarian lingkungan di mana budidaya ikan tersebut dilakukan.

Adapun CAKUPAN dalam jurnal ini berkaitan dengan :

  • Manajemen Kesehatan Ikan
  • Nutrisi dan Pengembangan Pakan Ikan
  • Genetika dan Pemuliaan Ikan
  • Biologi, Fisika, dan Kimia Perairan
  • Mikrobiologi Perairan
  • Teknologi dan Manajemen Akuakultur
  • Bioteknologi Akuakultur dan
  • Pengembangan Industri Perikanan

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Setiap artikel yang ditujukan kepada staf editorial akan dipilih melalui proses Tinjauan Awal oleh Dewan Editorial. Kemudian, artikel-artikel tersebut akan dikirim ke Mitra Bestari / peer reviewer dan akan masuk ke seleksi berikutnya oleh Double Blind Peer Review Process.

Setelah itu, artikel akan dikembalikan kepada penulis untuk direvisi. Proses ini memakan waktu satu sampai dua bulan (delapan minggu) untuk waktu maksimum. Dalam setiap naskah, Mitra Bebestari/peer reviewer akan dinilai dari aspek substansial dan teknis.

Mitra Bestari/peer reviewer yang bekerja sama dengan  JAI: Jurnal AQUACULTURE Indonesia adalah pakar di bidang Ilmu akuakultur dan masalah-masalah di sekitarnya. Mereka berpengalaman dalam jurnal dan publikasi bergengsi yang tersebar di seluruh nasional dan luar negeri.

 

Publication Frequency

JAI: Jurnal AQUACULTURE Indonesia adalah jurnal peer review dengan kajian ilmiah akuakultur diterbitkan setiap bulan Maret dan September (satu volume dan dua nomor). Terbit minimal 10 artikel setiap tahunnya atau per volume oleh Program Studi Akuakultur Fakultas Perikanan Universitas Dharmawangsa

 

Open Access Policy

Semua artikel penelitian yang diterbitkan dalam JAI: Jurnal AQUACULTURE Indonesia sepenuhnya OPEN-ACCESS: segera tersedia untuk dibaca, diunduh, dan dibagikan secara gratis.

Artikel diterbitkan di bawah persyaratan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang mengizinkan penggunaan, distribusi, dan reproduksi dalam media apa pun asalkan karya aslinya dikutip dengan benar.

 

Archiving

This journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration. More...

 

Review Guideline

PANDUAN PENELAAHAN NASKAH ARTIKEL
BAGI MITRA BESTARI (REVIEWER) DI OJS (OPEN JOURNAL SYSTEM)


Pendahuluan

Mitra Bestari (Reviewer) diundang melalui email untuk meninjau manuskrip. Email tersebut menyertakan judul dan abstrak kiriman, serta URL jurnal dan nama pengguna dan kata sandi yang digunakan Reviewer untuk masuk ke dalam jurnal. Manajer Jurnal memiliki pilihan untuk mengatur dan menggunakan proses review yang akan mengirimkan manuskrip sebagai lampiran email ke Reviewer, bersama dengan undangan untuk review. Dalam hal ini, Reviewer menanggapi proses tersebut melalui email.

Yang dijelaskan di sini adalah metode utama untuk meninjau dan memastikan catatan lengkap dari proses tersebut, yang melibatkan Reviewer yang melakukan Review di situs web jurnal.

Submissions

Pengguna ini adalah Penulis dan Reviewer. Untuk melihat manuskrip yang akan ditinjau, klik tautan Reviewer, atau klik tautan Aktif. Keduanya akan membawa Anda ke halaman Pengiriman Aktif Anda. Halaman ini mencantumkan kiriman yang Anda telah diundang untuk meninjau atau sedang dalam proses meninjau. Jadwal Pengiriman juga mencatat kapan waktu peninjauan dan tahap peninjauannya, karena beberapa ulasan mungkin telah memasuki tahap peninjauan kedua, mengikuti keputusan Editor Bagian bahwa kiriman harus "dikirim ulang untuk ditinjau". Halaman ini juga menyediakan akses ke tinjauan sebelumnya yang telah diselesaikan oleh Reviewer untuk jurnal tersebut.

ojs2-1-submissions-reviewers


Klik judul yang ditautkan dari Active Submissions akan membawa Anda ke proses peninjauan

ojs2-2-submissions-reviewers


Reviews

Pertama-tama Anda akan melihat ringkasan detail pengiriman yang telah diminta untuk Anda tinjau.

ojs2-1-reviews

 

Selanjutnya, Anda akan melihat jadwal tinjauan, dan tenggat waktu terkait.

ojs2-2-reviews


Selanjutnya, proses Review dibagi menjadi enam langkah Review.

ojs2-3-reviews

Langkah 1. Beri tahu Editor Bagian apakah Anda akan melakukan tinjauan. Keputusan harus dibuat setelah meninjau abstrak kiriman dan mungkin melihat kiriman, dengan mengklik nama file di Langkah 3 (tergantung pada kebijakan jurnal, file mungkin tidak tersedia sebelum setuju untuk meninjaunya).

ojs2-4-reviews

Jika Anda tidak dapat melakukan tinjauan, klik “Tidak dapat melakukan tinjauan” yang mengarah ke email standar ke Editor Bagian. Jika dapat melakukan peninjauan, klik "Akan melakukan peninjauan", yang mengarah ke email standar ke Editor Bagian, dan yang akan menunjukkan kepada Editor Bagian dan Penulis bahwa peninjauan sedang berlangsung.

ojs2-5-reviews

Langkah 2. Penulis telah mengupload manuskrip, yang dapat Anda unduh dari situs web jurnal ke komputer Anda dengan mengklik nama file. File Tambahan mengacu pada materi yang mungkin telah diunggah oleh Penulis sebagai tambahan dari manuskrip, seperti kumpulan data, instrumen penelitian, atau teks sumber.

Langkah 3. Jurnal mungkin meminta Anda untuk menyatakan apakah Anda memiliki competing interests dengan artikel yang sedang ditinjau atau tidak. Anda dapat mengetik di sini jika Anda memiliki atau tidak memiliki competing interests dan melanjutkan sesuai keinginan.

Langkah 4. Klik pada ikon Review Form untuk disajikan dengan formulir tinjauan yang ditentukan oleh Manajer Jurnal. Jika Review Form belum dibuat, peninjau akan disajikan dengan formulir default yang terdiri dari dua kotak teks di mana Review dapat dimasukkan secara manual atau ditempel: satu untuk Editor dan Penulis, dan satu lagi dapat dilihat oleh Editor saja. Reviewer bisa memasukkan atau menempel review parsial ke dalam kotak-kotak ini dan mengklik tombol Save di bagian bawah formulir untuk kembali dan membuat perubahan nanti. Reviewer dapat kembali untuk membuat perubahan tersebut sampai rekomendasi pada halaman Review utama dipilih, pada saat proses Review selesai.

Langkah 5. Anda juga memiliki opsi, selain memasukkan tinjauan, mengunggah file untuk dilihat Editor Bagian dan/atau Penulis. File-file ini mungkin merupakan versi kiriman yang dianotasi atau beberapa data relevan atau materi lain yang akan membantu Editor dan/atau Penulis. Ini akan menjadi kebijaksanaan Editor apakah file-file ini ditampilkan kepada Penulis, tetapi Anda pasti dapat mengomentarinya di Tinjauan (Langkah 5).

Langkah 6. Anda harus memilih rekomendasi untuk pengiriman dari antara pilihan berikut: Terima, Revisi Diperlukan, Kirim Ulang untuk Ditinjau, Kirim Ulang Di Tempat Lain, Tolak Pengiriman, Lihat Komentar. Saat Anda mengklik Kirim Tinjauan ke Editor, ini mengarahkan ke email yang telah disiapkan ke Editor Bagian, dan membuat rekomendasi Anda, Tinjauan yang disimpan (yang sekarang dikunci) dan file yang diunggah tersedia untuk Editor.

ojs2-7-reviews

 Sebuah rekomendasi dibuat untuk "Revision Required".

ojs2-8-reviews

Setelah langkah-langkahnya selesai, pekerjaan Reviewer selesai. Di bawah ini adalah halaman review lengkap dengan tambahan Pedoman Reviewer sehingga Anda dapat melihat seperti apa prosesnya dengan 7 langkah.

ojs2-9-reviews