KONSEP EVALUASI DALAM ISLAM

Reza Noprial Lubis

Abstract


Abstrak

Sebagai evaluator, guru berperan untuk mengumpulkan data atau informasi tentang keberhasilan pembelajaran yang telah dilakukan. Objek evaluasi pendidikan Islam adalah peserta didik. Peserta didik disini sebenarnya bukan hanya sebatas sebagai objek, melainkan juga merupakan suatu subjek evaluasi. Ada beberapa poin yang menjadi tujuan evaluasi pendidikan, yakni: (1) untuk mengetahui atau mengumpulkan informasi tentang taraf perkembangan dan kemajuan yang diperoleh peserta didik dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam kurikulum pendidikan, (2) untuk mengetahui prestasi hasil belajar guna menetapkan keputusan apakah bahan pelajaran perlu diulang atau tidak, (3) untuk mengetahui efektivitas cara belajar dan mengajar apakah yang telah dilakukan pendidik benar-benar tepat atau tidak, (4) untuk mengetahui kelembagaan, ketersediaan sarana prasarana, dan efektifitas media yang digunakan, (5) untuk mengetahui sejauh mana muatan kurikulum telah dipenuhi dalam proses kegiatan belajar mengajar, dan (6) untuk mengetahui alokasi pembiayaan yang dibutuhkan dalam berbagai kebutuhan pendidikan, baik secara fisik, maupun kebutuhan psikis.

 

Kata kunci: Evaluasi, Islam, peran guru.




DOI: https://doi.org/10.46576/jsa.v3i1.469

Article Metrics

Abstract view : 1344 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 2343 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Sabilarrasyad



Journal Sabilarrasyad Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pendidikan Index by:

 

Member Of :

 

Journal Sabilarrasyad Diterbitkan oleh:

FAKULTAS AGAMA ISLAM
PROGRMA STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : sabilarrasyad@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.