Pola Pendidikan Karakter Berbasis Delapan Cinta di SDIT Hikmatul Fadhillah Medan

Henny Syafriana Nasution

Abstract


Tulisan ini akan mengulas pentingnya pendidikan karakter dalam sistem pendidikan formal Islam. Kajian dimulai dengan contoh manfaat yang diperoleh melalui penerapan pendidikan karakter di beberapa negara. Tulisan ini juga menunjukkan usaha yang dilakukan oleh SDIT Hikmatul Fadhillah Medan untuk merancang model dan menerapkan kurikulum pendidikan karakter yang terintegrasi dan sistematis bagi siswanya. Pendidikan Karakter di SDIT Hikmatul Fadhillah Medan menumbuhkembangkan delapan karakter di dalam diri siswa SDIT Hikmatul Fadhillah Medan yang penuh cinta, yaitu: cinta 360 derajat, sebagai berikut: 1). cinta Allah dan Rasul; 2). cinta orang tua/guru; 3). cinta sesama; 4). cinta keunggulan; 5). cinta diri sendiri; 6). cinta ilmu pengetahuan dan teknologi; 7). cinta alam sekitar; dan 8). cinta bangsa dan negara.

Article Metrics

Abstract view : 37 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 49 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index Journal