PELATIHAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN KEPADA PARA PELAKU UMKM DI KOPERASI SIMPAN PINJAM SURYA ABADI MANDIRI MEDAN KRIO KECAMATAN SUNGGAL KABUPATEN DELI SERDANG

Ratna Dina Marviana, Ngatno Sahputra, Eddy Iskandar, Aried Sumekar

Abstract


Pelatihan penyusunan laporan keuangan kepada para pelaku UMKM di Koperasi Simpan Pinjam Medan Krio ini  bertujuan  agar parapelaku UMKM dapat meningkatkan kemampuannya dalam hal pencatatan dan pengelolaan Keuangan melalui penyusunan laporan keuangan. Para pelaku UMKM belum memahami cara yang baik dalam pencatatan, khususnya yang berkaitan dengan akuntansi serta kegunaanya sehingga mereka membutuhkan dukungan dari pihak akademisi untuk mendapatkan pelatihan penyusunan laporan keuangan UMKM.  Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah pelatihan dan pendampingan penyusunan laporan keuangan UMKM melaui kegitatan Tutorial dan Diskusi berkaitan dengan masalah pengelolaan keuangan masing-masing para pelaku UMKM. Metode pengumpulan data kegiatan pengabdian ini adalah melalui observasi dan wawancara dengan pengurus koperasi dan salah satu pelaku UMKM. Jumlah Peserta yang akan ikut  training adalah 25 orang yang merupakan pelaku UMKM yang bergerak dibidang perdagangan dan jasa. Hasilnya Kegiatan pelatihan ini dapat dinyatakan berhasil dilihat dari antusiasme para pelaku UMKM selama proses pelatihan dan pendampingan penyusunan laporan keuangan


Keywords


Pelatihan, Laporan Keuangan, Koperasi, Jurnal

Full Text:

PDF

References


(Hetika, Priatna Sari Yeni, Sri Hajanti, Riri. Upaya peningkatan keterampilan menyusun laporan keuangan bagi pengurus koperasi batik tegalan cempaka mulia . Jurnal Abdi Mas PHB Vol. 1, Politeknik Harapan Bersama., 2018)

(Kompasiana Beyond Blogger. Masih banyak pelaku umkm buta akuntansi, di unduh dari https://www.kompasiana.com/faradillars/5c271768677ffb0c872bdab9/umkm-merubah-pertumbuhan-ekonomi-di-indonesia, 2018)

(Nurul, Juwariah; Zulaika, Putri Pencatatan dan penyusunan laporan keuangan dalam rangka meningkatkan usaha bagi para pengrajin di kelurahan padang sari, Universitas Semarang, 2017).

(Medankrio-bangkit.blogspot.com (2010) Sejarah Berdirinya Koperasi Simpan Pinjam Surya Abadi Mandiri Medan Krio, diunduh dari (http://medankrio-bangkit.blogspot.com/p/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html, 2010)

(Setyorini dhyah, dkk (2012), Pelatihan Keuangan bagi UMKM untuk , 2012)




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v1i2.578

Article Metrics

Abstract view : 872 times
PDF – 687 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ratna Dina Marviana, Ngatno Sahputra, Eddy Iskandar, Aried Sumekar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

   JournalStories Main logo  

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.