ANALISIS SENTIMEN PADA ULASAN PENGGUNA TIKTOK DAN TOKOPEDIA MENGUNAKAN MESIN LEARNING BERBASIS NAIVE BAYES CLASSIFIER

Mubarak -, Annisa Ashari, Gilang Harahap, Rika Rosnelly

Abstract


Abstrak−Analisis sentimen merupakan teknik penting dalam memahami opini dan pengalaman pengguna terhadap layanan atau produk, terutama di platform e-commerce yang berkembang pesat seperti TikTok Shop. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan analisis terhadap sentimen keluhan penjual di TikTok Shop dengan menggunakan algoritma Naive Bayes Classifier. Dataset yang digunakan terdiri dari ulasan penguna TikTok. yang diambil dari dataset kaggle. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen ulasan pengguna TikTok menggunakan algoritma Naïve Bayes untuk menganalisis data sentimen tersebut. Algoritma Naive Bayes diterapkan untuk mengklasifikasikan sentimen ulasan menjadi dua kategori: positif, dan negatif. Penelitian ini mengunakan Model Algiritma Naive Bayes berhasil mencapai nilai akurasi 97%, nilai CA 82%, nilai F1 82%, nilai Prec 86%, nilai Recall 82% dan nilai MCC 68% tergantung pada pengaturan dataset. Pada penelitian ini jumlah dataset yang digunakan berjumlah 3145 data yang diambil dari dataset kaggle, dengan pengaturan dataset traning sebesar 90% dan dataset test sebesar 10%. Temuan ini memberikan wawasan berharga bagi pengelola TikTok Shop untuk meningkatkan fitur dan layanan mereka berdasarkan umpan balik pengguna. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya mencakup penggunaan dataset yang lebih besar dan penerapan algoritma lain untuk perbandingan efektivitas serta eksplorasi lebih lanjut terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi sentimen pengguna.

 

Kata kunci : TikTok, Analisis Sentimen, Algoritma Naive Bayes, Ulasan Pengguna

 

Abstract− Sentiment analysis is an important technique in understanding user opinions and experiences towards services or products, especially on rapidly growing e-commerce platforms such as TikTok Shop. The purpose of this study is to determine and analyze the sentiment of seller complaints on TikTok Shop using the Naive Bayes Classifier algorithm. The dataset used consists of TikTok user reviews. taken from the kaggle dataset. This study aims to analyze the sentiment of TikTok user reviews using the Naive Bayes algorithm to analyze the sentiment data. The Naive Bayes algorithm is applied to classify review sentiment into two categories: positive and negative. This study uses the Naive Bayes Algorithm Model successfully achieving an accuracy value of 97%, a CA value of 82%, an F1 value of 82%, a Prec value of 86%, a Recall value of 82% and an MCC value of 68% depending on the dataset settings. In this study, the number of datasets used was 3145 data taken from the kaggle dataset, with a training dataset setting of 90% and a test dataset of 10%. These findings provide valuable insights for TikTok Shop managers to improve their features and services based on user feedback. Recommendations for further research include the use of larger datasets and the application of other algorithms for comparison of effectiveness as well as further exploration of factors influencing user sentiment.

 

Keywords: TikTok, Sentiment Analysis, Naive Bayes Algorithm, User Reviews

Full Text:

PDF

References


A. Septiani, A. Voutama, S. Siska, A. A. Hendriadi, and N. Heryana, “Analisis Sentimen Menggunakan Algoritma Naïve Bayes Terhadap Regulasi Tiktok Shop Pada Media Sosial X (Twitter),” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 8, no. 4, pp. 5729–5735, 2024.

F. A. Indriyani, A. Fauzi, and S. Faisal, “Analisis sentimen aplikasi tiktok menggunakan algoritma naïve bayes dan support vector machine,” TEKNOSAINS J. Sains, Teknol. dan Inform., vol. 10, no. 2, pp. 176–184, 2023.

M. Muljono, D. P. Artanti, A. Syukur, and A. Prihandono, “Analisa Sentimen Untuk Penilaian Pelayanan Situs Belanja Online Menggunakan Algoritma Naïve Bayes,” Konf. Nas. Sist. Inf. 2018, 2018.

R. P. Bastoni, “Analisis sentimen opini publik terhadap calon presiden indonesia 2024 menggunakan metode naive bayes dan lexicon based pada platform youtube,” Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif HIdayatullah Jakarta.

M. Taufik, “Analisis sentimen komentar Jasa Layanan Transportasi PT KCI dari Twitter Menggunakan Kombinasi Algoritma K-Nearest Neighbor (K-NN) dan Pendekatan Lexicon,” 2018, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

G. Urva et al., PENERAPAN DATA MINING DI BERBAGAI BIDANG: Konsep, Metode, dan Studi Kasus. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.

R. Safitri, N. Alfira, D. Tamitiadini, W. W. A. Dewi, and N. Febriani, Analisis Sentimen: Metode Alternatif Penelitian Big Data. Universitas Brawijaya Press, 2021.

F. Arjunie, “Pengaruh Dukungan Produk Terhadap Perilaku Kelompok dan Sikap Merek: Dampak Langsung Terhadap Niat Pembelian Scarlett Whitening,” 2024, Universitas Islam Indonesia.

T. S. Wibowo et al., “Transformasi Teknologi Komunikasi,” 2024.

I. C. N. Alamsyah and A. Apriyanti, “PENGARUH HEDONIC SHOPPING VALUE, WORD OF MOUTH DAN LIFESTYLE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU BEKAS PADA MAHASISWA DI KOTA MADIUN,” in SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi, 2024.




DOI: https://doi.org/10.46576/syntax.v6i1.6960

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF – 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXING:

Lisensi Creative Commons

Syntax: Journal of Software Engineering, Computer Science and Information Technology

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.