PERANCANGAN APLIKASI BISNIS UMKM (TOKO RUMAH MUSLIM) BERBASIS ANDROID

Deni Andika Putra, Robiatul Adawiyah

Abstract


Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Toko Rumah Muslim adalah suatu usaha perdagangan konvensional yang dijalankan oleh satu organisasi kecil yang mempunyai produk unggulan berupa produk konveksi, border, jilbab dan baju muslim yang beragam dan berkualitas. Dalam era digital Permasalahan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Toko Rumah Muslim diketahui karena bisnis yang digunakan masih berupa perdagangan secara konvensional sehingga terbatasnya jangkauan dalam mencapai potensi pasar yang lebih besar dan tergantung pada lokasi strategis untuk dampak pada bisnis yang dijalankan.  Untuk menghadapi tantangan tersebut, UMKM Toko Rumah Muslim perlu menerapkan strategi yang efektif untuk meningkatkan efisiensi operasional dan daya saing, peneliti menciptakan aplikasi berbasis android sebagai tempat prasarana pemasaran produk umkm, dengan menerapkan metode First In, First Out (FIFO) sebagai peningkatan efisiensi, mengurangi biaya produksi, dan menjaga kualitas produk. implementasi metode FIFO ini akan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan aplikasi, serta tantangan dan peluang yang dihadapi oleh pelaku usaha. Aplikasi berbasis andorid yang dikembangkan diharapkan dapat dipergunakan sebagai wadah dalam menawarkan produk, mengelola persediaan, memantau penjualan, dan menganalisis data penjualan secara lebih efektif dalam menjalankan usahanya.

 Kata Kunci FIFO, UMKM, Android

ABSTRACT

Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) Muslim Home Store is a conventional trading business run by a small organization that has superior products in the form of various and quality convection products, borders, headscarves and Muslim clothes. In the digital era, the Problems of Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) Muslim Home Store are known because the business used is still conventional trading so that the reach is limited in reaching a larger market potential and depends on the location strategy to have an impact on the business being run. To face these challenges, MSMEs Muslim Home Store need to implement effective strategies to improve operational efficiency and competitiveness, researchers create an android-based application as a place for MSME product marketing infrastructure, by implementing the First In, First Out (FIFO) method to improve efficiency, reduce production costs, and maintain product quality. The application of this FIFO method will identify factors that influence the success of the implementation, as well as the challenges and opportunities faced by business actors. The android-based application that is developed is expected to be used as a container for offering products, managing inventory, uniting sales, and analyzing sales data more effectively in running its business

 Keywords : FIFO, MSMEs, Android




DOI: https://doi.org/10.46576/syntax.v5i2.5458

Article Metrics

Abstract view : 3 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXING:

 

Lisensi Creative Commons

Syntax: Journal of Software Engineering, Computer Science and Information Technology

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.