PERANCANGAN GAME EDUKASI PEMBELAJARAN ANAK AUTIS BERBASIS ANIMASI
Abstract
Anak berkebutuhan khusus yaitu anak yang jika dilihat signifikan merupakan seorang anak yang memiliki kelainan, baik dalam fisik, emosional, mental, ataupun sosial, dalam proses pertumbuhannya jika dibandingkan dengan sejumlah anak yang lainnya yang memang seusia dengannya. Anak dengan gangguan spektrum autisme atau autisme membutuhkan bimbingan yang lebih intensif untuk mempelajari topik baru. Selain sulit berkonsentrasi, gerakan motorik yang tidak terduga dan tidak terkendali menjadi faktor utama yang menghambat mereka belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendekatkan anggota keluarga dan benda sehari-hari dengan anak autis melalui penggunaan permainan berbasis Animasi. Permainan ini juga dapat digunakan untuk melatih kemampuan konsentrasi dan gerak motorik anak autis sehingga dapat dengan mudah menyerap topik yang diberikan dalam permainan. Berdasarkan Hanna Qurrotul Aini (2019) bahwa diperoleh kesimpulan bahwa media pembelajaran interaktif ini telah selesai dibuat dan mampu membantu guru kelas dalam menyampaikan materi pembelajaran agar dapat lebih mudah dipahami oleh anak penyandang autisme.
Kata Kunci: Perancangan Game, Game Edukasi Pembelajaran, Anak Sutis
ABSTRACT
Children with special needs are children who, if seen as significant, are children who have abnormalities, both physically, emotionally, mentally or socially, in their growth process when compared to a number of other children who are indeed the same age as them. Children with autism spectrum disorder or autism need more intensive guidance to learn new topics. In addition to difficulty concentrating, motor movements that are unexpected and uncontrollable are the main factors that hinder their learning. This study aims to bring family members and everyday objects closer to autistic children through the use of animation-based games. This game can also be used to train the concentration and motor skills of autistic children so they can easily absorb the topics given in the game. Based on Hanna Qurrotul Aini (2019), it was concluded that this interactive learning media had been completed and was able to help class teachers in delivering learning material so that it could be more easily understood by children with autism.
Keywords: Game Design, Learning Educational Games, Son of Sutis:
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aini, H. Q., & Tresnawati, D. (2019). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Anak Autis di Sekolah Luar biasa. Jurnal Algoritma, 16(1), 51-57.
Isabella, D. I. S., Martono, K. T., & Eridani, D. (2020). User experience pada Implementasi Virtual Reality sebagai Media Pembelajaran Anak Pengidap Autisme. Jurnal Komputer Terapan, 6(1), 1-12.
Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Artawan. 2011. Media Belajar dan Media Pembelajaran. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara.
Arsyad.2014. Media Pembelajaran. Jakarta Pt. Raja Grafindo Persada. Daryanto. 2012. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Haryanto, Dany. 2012. Pembelajaran Multimedia Di Sekolah. Jakarta: PT Prestasi Pustaka Karya.
Hasibuan. 2015. Organisasi dan Motivasi Dasar Peningkatan Produktifitas.Jakarta: Bumi Aksara.
Hastuti, Sri. 2013. Buku Pegangan Kuliah Pendidikan Bahasa Indonesia.Yogyakarta: UPP IKIP Yogyakarta.
Izzaty, Eka, Rita dkk. 2013. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.
Kurniawan. 2014. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Maidar G. Arsjad dan Mukti. 2011. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Munir, dkk. 2012. Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Niken Ariani, Dany Harianto. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi
DOI: https://doi.org/10.46576/syntax.v5i2.5354
Article Metrics
Abstract view : 2 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 1 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Syntax: Journal of Software Engineering, Computer Science and Information Technology
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.