AUDIT SISTEM INFORMASI SURAT ELEKTRONIK MAHASISWA MENGGUNAKAN COBIT-5 DOMAIN DSS

Salwa Alipia Tambunan, Putri Natasya Adelia, Muhammad Rindhu Samora Hutagalung, Anggy Permata Sari

Abstract


Sistem informasi merupakan sarana yang menghubungkan seluruh komponen  organisasi untuk memudahkan pengelolaan transaksi organisasi, termasuk komunikasi antar institusi dalam  lingkungan universitas. Pengguna Sistem Informasi aplikasi persuratan berbasis online merupakan salah satu sarana penghubung. SI – SELMA merupakan singkatan dari Sistem Informasi Surat Elektronik Mahasiswa. Aplikasi ini merupakan sistem pelayanan yang digunakan mahasiswa UINSU untuk melakukan tata persuratan secara online. Penggunaan SI-SELMA ini masih terdapat beberapa masalah yang ditemukan diantaranya notifikasi balasan surat yang tidak terpantau secara otomatis, memaksa mahasiswa untuk secara manual membuka aplikasi untuk melihat balasan surat; kendala teknis pada aplikasi berbasis web yang terkadang menyebabkan kehilangan data saat pengajuan surat; masalah jaringan hal ini dapat menyebabkan sistem menjadi tidak ada balasan saat kuota pengguna terlampaui; serta proses persetujuan surat balasan yang memakan waktu lama dari pihak penerima surat. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau sistem informasi elektronik mahasiswa menggunakan domain Delivery, Services, and Support (DSS) COBIT 5  dan mengatasi permasalahan yang dihadapi. Metode penelitian dilakukan dengan berbagai cara hal ini mencakup metode pengumpulan data berupa wawancara dan kuesioner, tinjauan literatur, dan proses audit menggunakan COBIT 5 dengan fokus pada domain Delivery, Services and Support (DSS). Hasil audit menunjukkan bahwa penerapan COBIT 5 domain Delivery, Services, and Support (DSS) pada SISELMA UINSU saat ini berada pada Tingkat Kematangan 3 – Pasti. Artinya, meskipun proses internal sudah terdefinisi dengan baik,  masih ada ruang untuk perbaikan, terutama dalam hal keamanan data dan analisis kinerja.


References


P. Rizaldi, “Rancang Bangun Sistem Informasi Pengajuan Cuti Pegawai Berbasis Web Pada Pt. Mitratiga Perkasa Abadi.” Diakses: 21 Juni 2024. [Daring]. Tersedia Pada: Https://Zenodo.Org/Records/7067874

A. Hakim, H. Saragih, Dan A. Suharto, “Evaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi Dengan Framwork Cobit. 5 Di Kementerian Esdm,” Jurnal Sistem Informasi, Vol. 10, No. 2, Hlm. 133069, 2014, Doi: 10.21609/Jsi.V10i2.393.

M. Andini, F. Rozi, Dan A. M. Syam, “Persepsi Mahasiswa Ilmu Komunikasi Stambuk 2018 Uinsu Tentang Aplikasi Si-Selma (Sistem Informasi Surat Eektronik Mahasiswa),” Jisos: Jurnal Ilmu Sosial, Vol. 1, No. 11, Art. No. 11, Des 2022.

W. Wella Dan J. Setiawan, “Audit Sistem Informasi Menggunakan Cobit 4.1 Pada Pt. Erajaya Swasembada, Tbk.,” Ultima Infosys : Jurnal Ilmu Sistem Informasi, Vol. 6, No. 2, Hlm. 111–124, Des 2015, Doi: 10.31937/Si.V6i2.227.

Zen, “Audit Tata Kelola Teknologi Informasi Dengan Framework Cobit 5 Di Pt. Best Stamp Indonesia.” Diakses: 21 Juni 2024. [Daring]. Tersedia Pada: Https://Www.Researchgate.Net/Publication/345270393_Audit_Tata_Kelola_Teknologi_Informasi_Dengan_Framework_Cobit_5_Di_Pt_Best_Stamp_Indonesia

R. Y. Siregar, A. F. Yustihar, Akbar, Dan O. Maylina, “Perancangan Sistem Informasi Manajemen Rt/Rw Pada Dusun Ii Sukamaju Berbasis Web,” Jurnal Komputer Teknologi Informasi Dan Sistem Informasi (Juktisi), Vol. 2, No. 3, Art. No. 3, Feb 2024, Doi: 10.62712/Juktisi.V2i3.93.

E. Saputri Dan K. Nisa, “Audit Si Menggunakan Framework Cobit 5 Domain Dss Dan Mea Pada Pt.Clay Jaya Bersama,” Vol. 11, No. 2, 2023.

Evariani Dan T. Sutabri, “Analisis Layanan Tata Kelola Aplikasi Sistem Informasi Akademik Dengan Menggunakan Cobit 5 Pada Stik Bina Husada,” Jurnal Ilmiah Binary Stmik Bina Nusantara Jaya Lubuklinggau, Vol. 5, No. 1, Art. No. 1, Apr 2023, Doi: 10.52303/Jb.V5i1.98.




DOI: https://doi.org/10.46576/syntax.v5i1.4570

Article Metrics

Abstract view : 36 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXING:

 

Lisensi Creative Commons

Syntax: Journal of Software Engineering, Computer Science and Information Technology

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.