E – ABSENSI PEGAWAI PT TELKOM KOTA MEDAN MENGGUNAKAN METODE FAST (FRAMEWORK FOR THE APPLICATION OF SYSTEM THINKING)

Muhammad Einar Harris, Tantri Hidayati Sinaga, Arie Rafika Dewi

Abstract


Terdapat permasalahan terkait dengan pengelolaan data absensi pada PT. Telkom Medan dimana pengelolaan data absensi masih ditulis dengan secara manual dengan tanda tangan pada buku absen, jadi belum terkomputerisasi. Berdasarkan permasalahan tersebut tentunya sering menimbulkan kesalahan maupun kecurangan dalam melakukan pendataan absensi dan segi didalam buku absensi pendataan yang mengakibatkan pencatatan dalam buku bisa saja hilang. Sebuah aplikasi absensi yang terkomputerisasi dapat mempermudah pekerjaan seseorang menjadi cepat, efektif dan efisien. Rumusan masalah yaitu untuk membuat sebuah aplikasi absensi yang berbasis website pada PT. Telkom Medan menggunakan metode FAST. Adapun aktor yang terlibat di dalam sistem ini yaitu admin dan user. Masing-masing aktor tersebut memiliki akses dan tugas yang berbeda-beda. Hasil dari penelitian ini yaitu mempermudah admin untuk melakukan pengelolaan data, pencarian data, mengontrol laporan data menjadi lebih baik karena dapat diakses dan dicetak langsung dan mempermudah penyimpanan data.

Kata kunci : Metode FAST, Aplikasi, Absensi


Full Text:

PDF

References


Ariani, F. (2019). Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web Dengan Metode Framework for the Application System Thinking (Fast). INTI Nusa Mandiri, 14(1), 21-26.

Anggraeni, E. Y. (2017). Pengantar sistem informasi. Penerbit Andi.

Azis, N. (2018). Perancangan aplikasi enkripsi dekripsi menggunakan metode caesar chiper dan operasi xor. ikraith-informatika, 2(1), 72-80.

Harumy, T. H. F. (2018). Sistem Informasi Absensi Pada Pt. Cospar Sentosa Jaya Menggunakan Bahasa Pemprograman Java. Jurnal Teknik dan Informatika, 5(1), 63-70.

Misriati, T., Arifin, Y. T., Haryani, H., & Kurniawan, A. (2019). Pengolahan Data Pengawai Menggunakan Metode FAST Pada PT. Asia Berjaya Mobilindo. Paradig. J. Komput. dan Inform. Univ. Bina Sarana Inform, 21(2), 187-192.




DOI: https://doi.org/10.46576/syntax.v4i2.4162

Article Metrics

Abstract view : 119 times
PDF – 47 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXING:

 

Lisensi Creative Commons

Syntax: Journal of Software Engineering, Computer Science and Information Technology

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.