SISTEM REKOMENDASI STOK PRODUK SUSU PADA TOKO RETAIL (ALFAMART) MENGGUNAKAN METODE MOORA BERBASIS WEB

Khairani Tanjung, Ahmad Zakir, Andi Marwan Elhanafi

Abstract


Toko retail, seperti Alfamart, memiliki peran yang sangat penting dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari konsumen. Produk susu adalah salah satu komoditas yang sangat diminati oleh pelanggan toko retail ini. Namun, mengelola stok produk susu dengan efisien adalah sebuah tantangan yang perlu diatasi oleh toko retail. Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi tantangan ini adalah dengan mengimplementasikan sistem rekomendasi stok. Sistem ini dapat membantu toko retail untuk mengelola stok produk susu dengan lebih efisien dan mengoptimalkan keuntungan. Meskipun sistem rekomendasi stok produk sudah banyak digunakan dalam berbagai industri, namun penerapannya dalam konteks toko retail seperti Alfamart masih relatif terbatas. Hal ini disebabkan oleh karakteristik unik dari toko retail, seperti variasi konsumen, fluktuasi permintaan, dan masalah keterbatasan ruang penyimpanan. Oleh karena itu, permasalahan yang akan dipecahkan dalam penelitian ini adalah bagaimana mengimplementasikan sistem rekomendasi stok produk susu yang efisien dan efektif pada toko retail Alfamart tujuan dari penelitian ini Untuk mengembangkan sistem rekomendasi stok produk susu yang efisien dan akurat berdasarkan metode Moora dengan didapatkan hasil Dengan mempertimbangkan berbagai kriteria dan sub-kriteria, metode SPK Moora menyediakan kerangka kerja yang informatif dan lebih holistik untuk pengambilan keputusan terkait stok produk susu, yang dapat mendukung manajemen toko retail dalam mengambil keputusan yang tepat waktu dan efektif.

Kata Kunci : Moora, Sistem Pendukung Keputusan, Alfamart


Full Text:

PDF

References


M. F. Anshary and S. Yakub, “Decision Support System Pemilihan Wilayah Potensial Dalam Pemasaran Produk Menggunakan Metode MOORA,” vol. 2, pp. 229–238, 2023.

M. Ican and K. Sari, “Penerapan Metode Moora ( Multi Objective Optimaztion by Ratio Analysis ) Dalam Menentukan Lokasi Penambahan Cabang,” vol. 2, pp. 403–413, 2023.

S. Sihombing and A. M. H. Sihite, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kepala Desa Terbaik Di Kecamatan Batang Kuis Menggunakan Metode MOORA,” vol. 6, no. November, pp. 151–158, 2022, doi: 10.30865/komik.v6i1.5757.

Soewardini, H. M. D., Soewardini, H., Suhartono, Setiyawan, H., Dayat, T., & Suagiarti, A. (2019). Instructional media with PHP (Programmer Hypertext Preprocessor) to eliminate the boredom of learning mathematics. 383(Icss), 1191–1195. https://doi.org/10.2991/icss-19.2019.141

Susilo, M. (2018). Rancang Bangun Website Toko Online Menggunakan Metode Waterfall. InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika Dan Teknologi Jaringan), 2(2), 98–105. https://doi.org/10.30743/infotekjar.v2i2.171




DOI: https://doi.org/10.46576/syntax.v4i2.4160

Article Metrics

Abstract view : 61 times
PDF – 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXING:

 

Lisensi Creative Commons

Syntax: Journal of Software Engineering, Computer Science and Information Technology

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.