RANCANG BANGUN APLIKASI POINT OF SALE PENJUALAN KOPI DENGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER BERBASIS WEB

Muhammad Yasir Saan, Yulia Agustina Dalimunthe, Dedy Irwan

Abstract


ABSTRAK

Warung Jus Kuphi 7 merupakan warung yang bergerak di bidang kuliner yang beralamat di Jalan A. H. Nasution Komp. Metrolink D 1. Selama ini warung halim memiliki beberapa kendala seperti menyimpan data transaksi sehari – hari masih menggunakan buku, sehingga kemungkinan besar data yang di catat bisa saja hilang dikarenakan tidak dijaga dengan baik sehingga catatan tersebut tidak dapat digunakan sebagai informasi jika warung tersebut membutuhkannya. Selain itu terdapat kendala lainya seperti pencatatan stok barang kurang lengkap, mengakibatkan data yang ada stok di warung dengan catatan stock di buku sering mengalami perbedaan data. Berangkat dari permasalahan diatas penulis coba membuat aplikasi point of sale  untuk digunakan oleh warkop halim. Point of sale sendiri memiliki arti memproses data seperti pembelian, penjualan , transaksi hutang, retur penjualan, dan pelaporan transaksi yang diperlukan pebisnis membuat keputusan hasil dari penelitian ini yaitu menghasilkan suatu aplikasi point of sale untuk digunakan sebagai penjualan warung kopi.

Kata Kunci : Point Of Sale, Penjualan, Warung Kopi.

 


Full Text:

PDF

References


Fitriana, Citra et al. 2020. “Perancangan Aplikasi Point of Sales Berbasis Web Untuk Efisiensi Antrean.†15(1): 149–58.

Wijaya, Romi, and Muhammad Ikhlas. 2020. “Perancangan Aplikasi Point Of Sales ( POS ) Untuk Mendukung Transaksi Penjualan Pada Sentra Kerajinan Rotan Asmidar Padang.†: 105–15.

Putra, Yoga Ananda, Sumijan, and Mardison. 2019. “Perancangan Sistem Informasi Akademik Menggunakan Bahasa Pemograman PHP Dan Database MYSQL (Studi Kasus PAUD Terpadu Bismillah Kota Bukittinggi).†Teknologi 9(1): 26–40.

Soewardini, Herva Maulina Dewi et al. 2019. “Instructional Media with PHP (Programmer Hypertext Preprocessor) to Eliminate the Boredom of Learning Mathematics.†383(Icss): 1191–95.

Suhartini, Suhartini, Muhamad Sadali, and Yupi Kuspandi Putra. 2020. “Sistem Informasi Berbasis Web Sma Al- Mukhtariyah Mamben Lauk Berbasis Php Dan Mysql Dengan Framework Codeigniter.†Infotek : Jurnal Informatika dan Teknologi 3(1): 79–83.




DOI: https://doi.org/10.46576/syntax.v4i1.2892

Article Metrics

Abstract view : 102 times
PDF – 60 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXING:

 

Lisensi Creative Commons

Syntax: Journal of Software Engineering, Computer Science and Information Technology

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.