IMPLEMENTASI DATA MINING DALAM MENENTUKAN POLA ELEMEN FILM FAVORIT MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI

Indra Sani Syahputra, Hasdiana -, Arie Rafika Dewi

Abstract


Film merupakan salah satu pilihan bagi kebanyakan orang dalam memilih atau mengisi waktu luangnya. Industri perfilman saat ini tidak ada matinya mengingat dalam beberapa waktu belakangan ini, penggemar film di Indonesia khususnya telah naik dengan pesat. Walau semakin banyaknya peminat dalam menyaksikan sebuah film tentu saja setiap orang memiliki pola elemen yang disukai dalam film tersebut. Baik itu alur cerita, genre, plot atau elemen-elemen lainnya tentu menjadi salah satu dasar mengapa orang tersebut menyukai film tersebut. Hal itu menjadi salah satu tantangan tersendiri bagi produser film untuk mengetahui bagaimana pola dari elemen yang disukai agar dapat membuat film sesuai dengan elemen tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola elemen apa yang disukai oleh orang dalam menyukai salah satu film yang telah banyak diproduksi. Algoritma apriori dipilih dalam penelitian ini sangat bagus digunakan untuk mencari suatu pola dan pembentukan Itemset dan dengan algoritma ini akan dapat menentukan pola pemilihan elemen film terfavorit pada film yang telah diproduksi. Hasil dari penelitian ini dengan menggunakan algoritma apriori menghasilkan 8 rule  pola elemen film yang terfavorit berdasarkan nilai support dan Confidence yang telah ditentukan. Dengan hasil berikut maka akan dapat memudahkan para produsen film dalam mempersiapkan dan membuat film terbaik dengan informasi pola yang telah didapatkan.

 

Kata Kunci : Film, Algoritma Apriori, Data Mining, Aturan Asosiasi.


Full Text:

PDF

References


Azis, M. A., Hadianto, N., Miharja, J., & Rifai, S. (2018). Implementasi Algoritma Apriori Untuk Analisa Pemilihan Tipe Genre Film Anime (Studi Kasus: Myanimelist. Net). Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 14(2), 209-216.

Abdurrafi, K. Z., Reliovani, R., Husein, N. N. S., Al Husni, C. R., Khowarizmi, M. A., & Shaliha, K. M. (2021, February). Implementation of the Apriori Algorithm for Film Recommendations based on Director and Movie Duration. In Gunung Djati Conference Series (Vol. 3, pp. 12-18).

Fahrianto, F. Pemilihan kapal laut menggunakan algoritma apriori dalam aplikasi reservasi tiket berbasis web (studi kasus: Pulau Tidung-Kali Adem (Bachelor's thesis, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).

Oktariani, H. (2020). Analisis Pola Pembelian Konsumen Menggunakan Algoritma Apriori Pada Toko Cha Cha Mart (Doctoral dissertation, Prodi Sistem Informasi).

Fatmawati, K., & Windarto, A. P. (2018). Data Mining: Penerapan rapidminer dengan K-means cluster pada daerah terjangkit demam berdarah dengue (DBD) berdasarkan provinsi. CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science), 3(2), 173-178Rosita Wulandari, Ridwan Setiawan, Asri Mulyani ( 2019 ) , Perancangan Sistem Informasi Manajemen Wedding Organizer Online Menggunakan Scrum




DOI: https://doi.org/10.46576/syntax.v4i1.2888

Article Metrics

Abstract view : 110 times
PDF – 57 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXING:

 

Lisensi Creative Commons

Syntax: Journal of Software Engineering, Computer Science and Information Technology

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.