PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA NASABAH PADA KOPERASI BMT KUBE SEJAHTERA 001 BANDAR SETIA
Abstract
Abstrak— Kebutuhan informasi pengelolaan transaksi pada KSU Syariah LKMS BMT KUBE SEJAHTERA 001 selama ini belum tersaji secara maksimal, BMT yang dijalankan dengan pola pemberdayaan dan pendampingan untuk kube selanjutnya diarahkan dan diintegrasikan dengan mengembangkan Lembaga Keuangan Mikro yang dikelola secara profesional. Hampir semua sistem pengolahan data transaksi nasabah pada koperasi ini masih dilakukan secara manual serta tidak tersistematis. Sebuah Sistem pengolahan transaksi data nasabah akan meningkatkan efisiensi sera efektivitas kerja dan secara otomatis dapat meningkatkan kualitas perusahaan dan manajemen, setiap data dan transaksi akan lebih mudah dicari dan digunakan dalam pembuatan keputusan di masa mendatang. Sistem informasi dirancang menggunakan Microsoft Visual Studio, database MySQL dan pemodelan Unified Modeling Language (UML) menghasilkan sistem yang dibutuhkan semua pihak sehingga pelayanan yang diterima nasabah maupun pemilik lebih baik dari sebelumnya.
Kata Kunci— sistem, sistem informasi, koperasi, UML, microsoft visual studio.
Â
Abstract— The need for information on transaction management at KSU Syariah LKMS BMT KUBE SEJAHTERA 001 has not been optimally served, BMT which is implemented with an empowerment and mentoring pattern for kube is then directed and integrated by developing microfinance institutions that are managed professionally. Almost all customer transaction data processing systems in this cooperative are still carried out manually and not systematically. A customer data transaction processing system will increase work efficiency and effectiveness and can automatically improve the quality of the company and management, every data and transaction will be easier to find and use in making decisions in the future. The information system is designed using Microsoft Visual Studio, MySQL database and Unified Modeling Language (UML) modeling to produce a system that is needed by all parties so that the service received by customers and owners is better than before.
 Keywords— system, information system, cooperatives, UML, microsoft visual studio.
Full Text:
PDFReferences
Basu Swastha. “Azas-Azas Marketingâ€. Jakarta: Liberty.1997.
Ginting Rosnani.â€Perancangan Produk†Yogyakarta: Graha Ilmu. 2010.
Kart T, Ullrich dan Steven D. Eppinger. “ Perancangan dan Pengembangan Produk Edisi pertama†Jakrta : Salemba Teknika. 2001.
Supriyanto dan B. Andriansyah. “Pengaruh Promosi dan Layanan Terhadap Keputusan Nasabah Kredit Usaha Mikro di PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Cabang Tugumulyo Musi Rawasasâ€, vol 24, no. 2, p.12. 2019
http://elista.akprind.ac.id/upload/files/2523_WEB-Joko.pp
http://mutiamanarisa.wordpress.com/2010/03/25/rula-rapid-upper-limbassessment/,2011
DOI: https://doi.org/10.46576/syntax.v3i2.2586
Article Metrics
Abstract view : 195 timesPDF – 100 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Syntax: Journal of Software Engineering, Computer Science and Information Technology
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.