Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Leukosit Menggunakan Metode Certainty Factor

Rizki Irwansyah, Yani Maulita, Siswan Syahputra

Abstract


 

 Abstrak: RSU Al Fuadi merupakan salah satu rumah sakit yang menangani penyakit leukosit, penyakit langka yang sering terjadi pada anak usia dini dan remaja, pada kasus leukosis dengan jumlah sel darah putih yang sangat ekstrim tinggi dapat menyebabkan darah sangat kental dan menyebabkan aliran darah menjadi tidak lancar. Kondisi seperti ini disebut sebagai sindrom hiperviskositas yang ditandai dengan stroke, gangguan penglihatan, sesak nafas, perdarahan pada selaput lendir di mulut, lambung, dan usus. Kondisi ini merupakan kasus gawat darurat yang mengancam nyawa. Oleh karena itu perlu adanya suatu sistem untuk mendiagnosa penyakit leukosit lebih awal, dengan gejala yang dialami oleh pasien dan dengan adanya sistem ini dapat dijadikan alternatif pemanfaatan teknologi yang dapat digunakan untuk mendeteksi penyakit leukosit sejak dini secara cepat, tepat, dan akurat, sehingga untuk kedepannya penanganan terhadap penderita penyakit leukosit bisa lebih cepat dan lebih banyak jiwa yang bisa diselamatkan 

Kata kunci: Sistem Pakar, Leukosit, Certainty Fector 

Abstract: Al Fuadi RSU is one of the hospitals that treats leukocyte disease, a rare disease that often occurs in early childhood and adolescents, in cases of leukosis with a very high white blood cell count, it can cause the blood to become very thick and cause blood flow to become not smooth. This condition is known as hyperviscosity syndrome which is characterized by stroke, visual disturbances, shortness of breath, bleeding in the mucous membranes in the mouth, stomach, and intestines. This condition is a life-threatening emergency. Therefore, it is necessary to have a system to diagnose leukocyte disease early, with the symptoms experienced by patients and with this system it can be used as an alternative to the use of technology that can be used to detect leukocyte disease early on quickly, precisely, and accurately, so that for the future handling of patients with leukocyte disease can be faster and more lives can be saved 

Keywords: Expert System, Leukocytes, Certainty Factor 


Full Text:

PDF

References


Al-Fandi, Haryanto. 2011. Desain Pembelajaran Yang Demokratis & Humanis. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Didik Dwi Prasetyo, Mengelola Database Dengan Visual Basic.NET Dan Mysql, PT.Elex Media Komputindo,Jakarta,2005.

Fahruddin Ghozali, M., & Eviyanti, A. (2016). Sistem Pakar Diagnosis Dini Penyakit Leukemia Dengan Metode Certainty Factor. KINETIK, 1(3).

Harlan, J. 2018. Analisis Regresi Logistik. Depok: Gunadarma

Haviluddin, (2011), Memahami Penggunaan UML (Unified Model Language), Jurnal Informatika Mulawarman Vol 6, No.1, Februari 2011.

Hidayatullah, J., Azhar, Y., & Suharso, W. (2020). Sistem Pakar Diagnosa HIV/AIDS Menggunakan Metode Backward Chaining dan Certainty Factor. REPOSITOR, 2(11), 1436–1443.

Irawan, Jusak. 2007, Buku Pengantar kuliah Sistem Pakar, Sekolah tinggi Manajemen Informatika dan Teknik Komputer Surabaya (STIKOM).Rika Rosnelly,2012, Sistem Pakar , Penerbit Andi, Yogyakarta.

Kusumadewi, S., 2003. Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya). Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.46576/syntax.v3i1.2088

Article Metrics

Abstract view : 250 times
PDF – 113 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXING:

 

Lisensi Creative Commons

Syntax: Journal of Software Engineering, Computer Science and Information Technology

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.