SISTEM PAKAR MENDETEKSI TINGKAT STRES MAHASISWA HARAPAN DALAM PENYUSUNAN SKRIPSI TEKNIK INFORMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TEOREMA BAYES

Haida Dafitrii, Siti Sundari stth

Abstract


Penyusunan skripsi merupakan salah satu syarat mahasiswa untuk mendapatkan sebuah gelar sarja (S1). Tidak sedikit mahasiswa yang mengalami beberapa kendala disaat akan menyusun sebuah penelitian yang berujung mahasiswa tersebut menjadi stres. Biasanya disebabkan oleh beberapa faktor. Stres yang berkepanjangan tentu akan menimbulkan penyakit, sehingga mahasiswa harus dapat mengontrol dan melakukan identifikasi gejala-gejala yang dirasakan selama penyusunan skripsi untuk mengetahui tingkat stres yang dialami. Oleh sebab itu dibutuhkan sebuah sistem pakar yang dapat mendeteksi tingkat stres berdasarkan gejala yang dialami mahasiswa secara dini, agar dapat mengatasi stres dengan solusi yang diberikan. Sistem pakar berjalan optimal menggunakan sebuah metode. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah metode Teorema Bayes. Implementasi Metode Teorema Bayes menerangkan hubungan antara probabilitas terjadinya  peristiwa A dengan syarat peristiwa B telah terjadi dan probabilitas terjadinya peristiwa B dengan syarat peristiwa A telah terjadi. Sistem dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL. Hasil penelitian mampu membantu mahasiswa dalam melakukan deteksi tingkat stres dan memberikan solusi berdasarkan hasil diagnosa yang diberikan sistem dengan presentasi rata-rata > 64%.

 

Kata Kunci—Sistem Pakar, Tingkat Stres, Mahasiswa, Teorema  Bayes


Full Text:

PDF

References


Sihotang, H.T, Panggabean, E & Zebua, H. 2018. Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Herpes Zoster Dengan Menggunakan Metode Teorema Bayes. Journal of Informatic Pelita Nusantara, 33-40.

Ramadhan, P.S. 2019. Sistem Pakar Pendeteksian Psoriasis Prostular Menggunakan Kombinasi Teorema Bayes dengan Euclidean Probability. CESS, 111-118.

Otoya, L.G. 2016. Probabilitas Bersyarat, Indenpedensi dan Teorema Bayes Dalam Menentukan Peluang Terjadinya Suatu Peristiwa. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 68-78.

Nugroho, A. K., & Wardoyo, R. 2013. Sistem Pakar Menggunakan Teorema Bayes Untuk Mendiagnosa Penyakit Kehamilan. Berkala MIPA , 247-254.

Kusbianto, D., Ardiansyah, R., & Hamadi, D. A. 2017. Implementasi Sistem Pakar Forward Chaining Untuk Identifikasi dan Tindakan Perawatan Jerawat Wajah. Jurnal Informatika Polinewa , 71-80.

Gaol, N.T.L. 2016. Teori Stres: Stimulus, Respown, dan Transaksional. Buletin Psikologi, 1-11.

Mahmud, R & Uyun, Z. 2016. Studi Deksriptif Mengenai Pola Stres Pada Mahasiswa Pratikum. Jurnal Indigenous, 52-61.




DOI: https://doi.org/10.46576/syntax.v2i2.1678

Article Metrics

Abstract view : 368 times
PDF – 114 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXING:

 

 

 

 Lisensi Creative Commons

Syntax: Journal of Software Engineering, Computer Science and Information Technology

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.