TEKNIK PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM PEMBERIAN HADIAH DENGAN MCDM MENGGUNAKAN METODE VIKOR PADA PT. RAYA UTAMA TRAVEL

Siti Yasifa Jamaiah, Haida Dafitri, Nur Wulan

Abstract


PT Raya Utama Travel merupakan usaha jasa pemesanan tiket pesawat dan menawarkan promosi liburan dengan harga terjangkau ataupun liburan dengan santai tanpa memikirkan biaya lebih. Perusahan travel memiliki menargetkan  pelanggan banyak dan meningkatkan pelayanan pada perusahaan. Adapun masalah perusahaan dalam memberikan tiket pesawat dan penginapan  gratis, dikarenakan memiliki pelanggan yang begitu banyak dan pemilihan dalam memberikan tiket pesawat dan penginapan gratis yang layak diberikan kepada pelanggan. Oleh sebab itu dibutuhkan suatu Sistem Pendukung Keputusan. Metode dapat didefenisikan sebagai multi kriteria sistem kompleks yang dapat dilihat pada rangking dan pemilihan dari serangkaian alternatif berdasarkan kriteria. Setiap alternatif dievaluasikan sesuai dengan fungsi kriteria. Pemberian peringkat dapat dapat dilakukan dengan membandingkan dan mengukur alternatif - alternatif. Metode sistem pendukung keputusan dapat mengembangkan dalam upaya dalam menetukan yang akan didistribusikan  dengan menggunakan metode Vikor. Hasil dari sistem pendukung keputusan mampu memberikan nilai pada customer dengan keterangan customer yang berhak mendapatkan tiket pesawat dan penginapan secara gratis.


Full Text:

PDF

References


Hasugian, Abdul Halim dan Cipta, Henda,”Analisa dan Peracangan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pasangan Hidup Menurut Budaya Karo Dengan Mengunakan AHP”, Jurnal llmu Komputer dan Informatika, vol.02, no.01, pp.15-30, 2018.

Tumanggor, Hotmoko dkk,”Penerapan Metode VIKOR Dalam Penentuan Penerima Dana Bantuan Tidak Layak Huni”, JURIKOM, vol.5, no.1, pp.71-78, 2018.

Limbong, T, dkk. Sistem Pendukung Keputusan: Metode & Implementasinya, Medan:Yayasan Kita Menulis. 2020.

Ananta, P.A.W, dkk,”Pengembangan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan Kuliah di Perguruan Tinggi dengan Metode Dempster-Shafer”. Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika, vol.7, no.2, pp.66-75, 2018.

Cahya, (2020, Agustus27). DSS VIKOR Method [online]. Available: https://cahyadsn.phpindonesia.id/extra/vikor.php#vik05




DOI: https://doi.org/10.46576/syntax.v2i2.1675

Article Metrics

Abstract view : 97 times
PDF – 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXING:

 

 

 

 Lisensi Creative Commons

Syntax: Journal of Software Engineering, Computer Science and Information Technology

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.