EFEKTIFITAS PENGGUNAAN AUTOPLAY MEDIA STUDIO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER DI KELAS X SMK NEGERI 1 LUMUT

serdina sari serdina sari simamora

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan Autoplay Media Studio terhadap motivasi belajar siswa di kelas X SMK Negeri 1 Lumut Penelitian ini berlangsung selama ± 3 bulan yaitu mulai terhitung dari mei – juli 2021 dimulai dari pengambilan data sampai pengolahan data hasil penelitian. Untuk itu penelitian ini mencakup dua variabel yaitu penggunaan Autoplay Media Studio sebagai variabel X dan motivasi belajar siswa sebagai variabel Y. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Lumut, dengan sampel penelitian sebanyak 20 siswa dan sampel penelitian diambil dengan Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Berdasarkan hasil perhitungan analisis deskriptif maka diperoleh nilai rata-rata penggunaan Autoplay Media Studio 86,70 jika dikonsultasikan berada pada kategori “sangat baik” dan motivasi belajar siswa yaitu 75,20 berada pada kategori “baik” berdasarkan uji normalitas jika signifikan lebih besar dari 0,05 maka dinyatakan normal dan jika lebih kecil dari 0,05 maka dinyatakan tidak normal. Berdasarkan dari hasil uji normalitas yang didapat tentang penggunaan Autoplay Media Studio terhadap motivasi belajar siswa 0,200 berarti 0,200 > 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal.

Full Text:

PDF

References


Agustina, Lisa. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap

Prestasi Belajar IPA Disekolah Dasar. Jurnal penelitian Pendidikan Vol. 12. No. 1

Rohani, Dkk. 2018. Manfaat Media Dalam Pembelajaran. Jurnal Manfaat Media Dalam Pembelajaran Vol 7 No 1.

Sadirman (Dalam Jurnal Andini). 2011:83. Analisis Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas XI MIA 4 SMA Negeri 3 Kota Jambi Pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika Vol. 3 No 1

L. Siregar, “efektifitas pembelajaran auditori intellectually repetition (air) terhadap kemampuan berfikir kritis siswa”. Jurnal education and development, 3, no. 2, p. 94 jan 2018




DOI: https://doi.org/10.46576/syntax.v2i2.1555

Article Metrics

Abstract view : 81 times
PDF – 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXING:

 

 

 

 Lisensi Creative Commons

Syntax: Journal of Software Engineering, Computer Science and Information Technology

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.