Sistem Informasi Penjualan Kedai Almarsa Dengan menggunakan Metode Waterfall
Abstract
Kedai Almarsa merupakan kedai kopi tempat berkumpulnya orang-orang yang ingin menikmati seduhan kopi atau hanya sekedar bersantai dengan kerabat. Ramainya orang-orang yang berdatangan terkadang membuat antrian panjang pada kedai tersebut. Minimnya karyawan yang bekerja pada kedai, juga membuat karyawan kesulitan dalam hal melakukan pencatatan pesanan. Proses pemesanan dan pembayaran pada kedai yang masih manual memungkinkan terjadinya kesalahan dalam pemrosesan pemesanan dan pembayaran pada kedai serta dapat menghambat kinerja karyawan. Oleh karena itu, dibuatlah Sistem Informasi Pemesanan Kedai Almarsa (SIPEKA) untuk mempermudah sistem pemesanan maupun pembayaran yang ada pada almarsa kopi tanpa harus mengantri terlebih dahulu. SIPEKA ini dapat digunakan oleh pelanggan dan karyawan sebagai sistem pemesanan pada Kedai Almarsa Kopi. Selain untuk melakukan pemesanan, sistem almarsa kopi juga bisa digunakan untuk melakukan pembayaran secara non tunai. Metode penelitian yang digunakan pada pembuatan SIPEKA adalah menggunakan metode Waterfall yang terdiri dari requirement definition, system and software design, implementation, integration and system testing, dan maintenance. Hasil penelitian yang didapatkan adalah SIPEKA dapat memberikan fitur pemesanan secara online, fitur keranjang, fitur rekomendasi minuman, fitur riwayar pemesanan dan transaksi, serta fitur notifikasi update pesanan
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.46576/syntax.v2i1.1312
Article Metrics
Abstract view : 348 timesPDF – 165 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Syntax: Journal of Software Engineering, Computer Science and Information Technology
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.