ANALISIS POLA PENJUALAN PAKAIAN MENGGUNAKAN DATA MINING DENGAN ALGORITMA APRIORI

saiful nur arif, Iskandar Zulkarnain, Badrul Anwar

Abstract


Pakaian merupakan salah satu kebutuhan primer dalam kehidupan sehari-  hari, semakin berkembangnya masyarakat saat ini maka kebutuhan akan pakaian juga meningkat dengan pesat. Saat ini baik pria maupun wanita membutuhkan pakaian dengan tingkat kebutuhan yang sama. Kent & Crew merupakan salah satu toko yang menjual pakaian pria baik formal maupun kasual. Untuk terus dapat memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen dalam hal ini Kent & Crew harus mampu memenuhi kebutuhan setiap konsumennya dan harus memiliki cukup banyak produk dan juga persediaan barang yang cukup.  Dalam setiap harinya data transaksi yang dimiliki Kent & Crew terus bertambah namun data tersebut belum tersusun dengan baik dan hanya dijadikan sebagai arsip. Dengan bertambahnya jumlah data yang ada maka dibutuhkan suatu penanganan yang baik, yaitu dengan menganalisis data tersebut menggunakan suatu sistem yang berbasis komputer sehingga dalam proses analisisnya dapat berjalan dengan baik dan akurat.

Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan suatu sistem berbasis komputerisasi yang dapat mempermudah toko utnuk dapat mengetahui pola penjualan yang tepat yang dapat membantu pihak Kent & Crew dalam meningkatkan penjualan.

Hasil permasalahan tersebut adalah berupa aplikasi yang mengimplementasikan teknik Data Mining dengan mengadopsi metode asosiasi dengan menggunakan Algoritma Apriori yang nantinya dapat membantu pihak Kent & Crew dalam mengetahui pola penjualan pakaian dan menghasilkan kesimpulan yang bermanfaat.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.46576/syntax.v2i1.1311

Article Metrics

Abstract view : 205 times
PDF – 100 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXING:

 

 

 

 Lisensi Creative Commons

Syntax: Journal of Software Engineering, Computer Science and Information Technology

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.