Sistem Pakar Mendiagnosa Stadium Dari Kanker Usus Besar Dengan Metode Certainty Factor

Ega Evinda Putri, M. Arif Rahman

Abstract


Sistem Pakar merupakan sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer. Sistem pakar dapat digunakan dalam dunia kesehatan dan sebagai media informasi bagi masyarakat terutama penderita penyakit untuk mengetahui Stadium dari kanker usus besar yang diderita sebagai diagnosa awal, juga sebagai alat bantu bagi dokter untuk dapat mengambil keputusan secara cepat dan lebih akurat. Kolorektal merupakan suatu tumor ganas terbanyak diantara tumor lainya yang menyerang saluran pencernaan, Kanker usus besar bisa berkembang secara diam-diam, seperti anemia akibat kurang darah atau bahkan non spesifik, seperti berkurangnya berat badan. Biasanya ada perubahan kebiasaan dalam buang air; baik diare, sembelit atau perubahan konsistensi tinja. Pertumbuhan tumor pada dinding sebelah kiri bawah khususnya pada rektum bisa menyebabkan adanya perasaan buang air yang tidak tuntas disebut tenesmus. Perubahan bentuk atau warna tinja khususnya jika berwarna merah cerah atau merah gelap dapat juga menjadi indikasi adanya pendarahan yang disebabkan kanker usus besar. Oleh karena itu dibangun suatu sistem pakar yang dapat membantu menyelesaikan masalah dengan menggunakan metode sistem pakar certainty factor.

Full Text:

PDF

References


[1]A.S. Rosa, & Shalahuddin.M. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak,Bandung Informatika

[2]Azmi, Z., & Yasin, V. (2017). Pengantar Sistem Pakar Dan Metode, Mitra Wacana Media.

[3]Hayadi, B. H. (2017). USER Sistem Pakar, 3(1), 17–22.

[4]Herlina Trisnawati, Sistem Informasi Inventory pada PT. Vision Net.

[5]K, O. T., Irfan, M., Nurpianti, A., Teknik, J., & Fakultas, I. (2013). Pdf (218 Kb), VII(1), 33–52. http://doi.org/1979-8911

[6]Nuri, D. M. V. Yulia Darnita (2015). RANCANG BANGUN APLIKASI TES TOEFL MENGGUNAKAN ALGORITMA QUICK SORT BERBASIS KOMPUTER.

[7]Sastrosudarmo,Wh. (2015). KANKER The Silent Killer, Garda Media

[8]Sihotang, H. T. (2014). SISTEM PAKAR MENDIAGNOSA PENYAKIT KOLESTEROL PADA REMAJA DENGAN METODE CERTAINTY FACTOR ( CF ) BERBASIS WEB, 15(1), 16–23.

Taruna Perkasa, C. P. (2018). PROGRAM APLIKASI TATA KELOLA PERPUSTAKAAN PROGRAM STUDI SISTEM KOMPUTER UNIVERSITAS SURAKARTA BERBASIS VISUAL BASIC 6.0. ISSN 1829-6181.




DOI: https://doi.org/10.46576/syntax.v1i2.1018

Article Metrics

Abstract view : 324 times
PDF – 220 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXING:

 

Lisensi Creative Commons

Syntax: Journal of Software Engineering, Computer Science and Information Technology

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.