STRATEGI PEMBELAJARAN AL-QURAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MUHAMMADIYAH 57 MEDAN

Ibnu Haniif Suprapto

Abstract


Kitab suci Al-Quran adalah salah satu petunjuk bagi umat islam yang mana membacanya adalah berpahala dan mengamalkannya adalah suatu kewajiban. Penelitian ini meneliti bagaimana pelaksanaan strategi pembelajaran Al-Quran yang ada di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah 57 Medan dan berusaha menemukan bagaimana faktor-faktor pendukung pembelajaran Al-Quran, faktor-faktor penghambat pembelajaran Al-Quran serta bagaimana strategi yang sudah dilakukan pihak sekolah untuk meningkatkan kemampuan siswa siswinya agar dapat membaca Al-Quran dengan benar dan baik menurut kaidah-kaidah tajwid yang ada. Penelitian ini bersifat kajian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 57 Medan.

Keywords


Strategi Pembelajaran, Pembelajaran Al-Quran, Faktor Pendukung dan Penghambat.

References


As’ad, H. (2000). Cara Cepat Belajar Membaca Al-Qur’an. Yogyakarta: AMM.

Bariyah, K. B. (2021). Analisis Strategi Pembelajaran Alquran. Hijaz: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 1(1), 1–5.

Hasanah, N. (2013). Efektifitas Pelaksanaan Program Ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur’an Bagi Siswa Kelas VII Mts N Sumberagung Jetis Bantul. Jurnal pendidikan agama Islam, 10(1), 59-86.

Hidi, Suzanne. “The Four-Phase Model of Interest Development.” Educational Psychologist 41 (June 1, 2006): 111–27.

Khamid, A., Prasmanita, D., Munawaroh, R., Zamroni, A., & Nasitoh, O. E. (2020). Implementasi Pembelajaran Tajwid dan Ketrampilan Membaca Al-Qur’an dalam Materi Al-Qur’an Hadist. Attractive : Innovative Education Journal, 2(2), 45–53.

Manurung. J. A. (2023). Pengaruh Implementasi Metode Talaqqi melalui Kegiatan Circle Time terhadap Kemampuan Menghafal Juz ’Amma pada Anak Usia Dini di TK Melati Desa Kota Bangun Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Napitupulu, D. S., Situmorang, H. B., Khoiruna, I., Priantono, D., & Rahmadhani, V. (2022). Strategi Pembelajaran Ekspositori Pada Pelajaran SKI. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan, 14(2), 92-97.

Nisa, I. K. (2023). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Minat Membaca Al-Qur’an Siswa SD Negeri Tanambuah. Borneo Journal of Islamic Education, 3(2), 237-251.

Nurhasanah Br Nasution, Q. (2024). STRATEGI PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN. Analysis, 2(2), 285–291.

Zalfani. A. (2022). Pengaruh Metode Talaqqi Terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa Di SMPIT Al-Fityah Pekanbaru. Universitas Islam Riau.

Zaeni, A. (2023). Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Melalui Penerapan MetodeAn-Nahdliyah. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 4(3), 147-156.




DOI: https://doi.org/10.46576/jsa.v7i2.6999

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ibnu Haniif Suprapto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Journal Sabilarrasyad Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pendidikan Index by:

 

Member Of :

 

Journal Sabilarrasyad Diterbitkan oleh:

FAKULTAS AGAMA ISLAM
PROGRMA STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : sabilarrasyad@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.