Pola Pendidikan Karakter Berbasis Delapan Cinta di SDIT Hikmatul Fadhillah Medan

Henny Syafriana Nasution

Abstract


Tulisan ini akan mengulas pentingnya pendidikan karakter dalam sistem pendidikan formal Islam. Kajian dimulai dengan contoh manfaat yang diperoleh melalui penerapan pendidikan karakter di beberapa negara. Tulisan ini juga menunjukkan usaha yang dilakukan oleh SDIT Hikmatul Fadhillah Medan untuk merancang model dan menerapkan kurikulum pendidikan karakter yang terintegrasi dan sistematis bagi siswanya. Pendidikan Karakter di SDIT Hikmatul Fadhillah Medan menumbuhkembangkan delapan karakter di dalam diri siswa SDIT Hikmatul Fadhillah Medan yang penuh cinta, yaitu: cinta 360 derajat, sebagai berikut: 1). cinta Allah dan Rasul; 2). cinta orang tua/guru; 3). cinta sesama; 4). cinta keunggulan; 5). cinta diri sendiri; 6). cinta ilmu pengetahuan dan teknologi; 7). cinta alam sekitar; dan 8). cinta bangsa dan negara.



DOI: https://doi.org/10.46576/jsa.v2i1.121

Article Metrics

Abstract view : 160 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 446 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Sabilarrasyad



Journal Sabilarrasyad Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pendidikan Index by:

 

Member Of :

 

Journal Sabilarrasyad Diterbitkan oleh:

FAKULTAS AGAMA ISLAM
PROGRMA STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : sabilarrasyad@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.