Indexing metadata

PSIKOEDUKASI KETERAMPILAN REGULASI EMOSI PADA SISWA SMP


 
Dublin Core PKP Metadata Items Metadata for this Document
 
1. Title Title of document PSIKOEDUKASI KETERAMPILAN REGULASI EMOSI PADA SISWA SMP
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Friska Nur Anggraini; Universitas Muhammadiyah Sidoarjo; Indonesia
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Effy Wardati Maryam; Universitas Muhammadiyah Sidoarjo; Indonesia
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Widyastuti Widyastuti; Universitas Muhammadiyah Sidoarjo; Indonesia
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Ghozali Rusyid Affandi; Universitas Muhammadiyah Sidoarjo; Indonesia
 
3. Subject Discipline(s) Psikologi
 
3. Subject Keyword(s) Breathing Exercise; Expressive Writing; Psikoedukasi; Regulasi Emosi; Siswa SMP
 
3. Subject Subject classification Siswa SMPN X yang memiliki Keterampilan Regulasi Emosi Rendah
 
4. Description Abstract Pada masa perkembangan remaja individu memasuki masa storm and stress. Kemampuan regulasi emosi yang berlangsung tidak tepat, akan membuat remaja cenderung mengikuti emosinya dalam berbagai tindakan yang menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, seperti terjadinya perkelahian yang merugikan lingkungan sekitar. Keterampilan psikologis akan membantu siswa untuk meningkatkan kesehatan mental mereka. Pengabdian kepada masyarakat yang berupa psikoedukasi dilakukan pada siswa Sekolah Menengah Pertama. Sebanyak 47 siswa mengikuti kegiatan ini. Hal ini ditunjang dari asesmen kebutuhan melalui wawancara dan menyebarkan kuesioner berupa google form dilakukan untuk mengidentifikasi masalah yang di alami siswa. Psikoedukasi memberikan pengetahuan dan keterampilan (role play) metode regulasi emosi dengan Expressive Writing dan Breathing Exercise. Berdasarkan analisis yang dilakukan dengan menggunakan uji paired sample t-test menunjukkan peningkatan dari nilai pre-test sebesar 33.000 menjadi 33.979 dalam perhitungan post-test pemahaman tentang psikoedukasi regulasi emosi. Sedangkan dalam pre-test Visual Scale Analoge (VAS) untuk mengukur emosi yang semulanya memiliki rata-rata 3.340 memiliki penurunan menjadi 3.149. Hasil ini menggambarkan bahwa psikoedukasi keterampilan regulasi emosi mampu menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapkan siswa SMP terutama untuk meningkatkan keterampilan meregulasi emosi
 
5. Publisher Organizing agency, location Universitas Dharmawangsa
 
6. Contributor Sponsor(s) Prodi Psikologi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo; Siswa, Guru BK dan Kepala Sekolah SMPN 1 Tulangan; Effy Wardati Maryam, Widyastuti, Ghozali Rusyid Affandi, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Program Studi Psikologi
 
7. Date (YYYY-MM-DD) 2023-07-22
 
8. Type Status & genre Peer-reviewed Article
 
8. Type Type Kuantitatif
 
9. Format File format PDF
 
10. Identifier Uniform Resource Identifier https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/article/view/3156
 
10. Identifier Digital Object Identifier (DOI) https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i2.3156
 
11. Source Title; vol., no. (year) Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat; Vol 4, No 2 (2023)
 
12. Language English=en en
 
13. Relation Supp. Files Similarity (1MB)
 
14. Coverage Geo-spatial location, chronological period, research sample (gender, age, etc.) Berdasarkan wawancara yang telah dilakukan oleh tim psikoedukasi yang dilaksanakan pada siswa di SMP X. Siswa mengakui melakukan tindakan seperti bullying, membolos, berkelahi, tawuran dengan teman, tidak disiplin dengan aturan sekolah dan mengucapkan ka,
Studi deskriptif regulasi emosi pada siswa kelas IX di Smp
 
15. Rights Copyright and permissions Copyright (c) 2023 Friska Nur Anggraini, Effy Wardati Maryam, Widyastuti Widyastuti, Ghozali Rusyid Affandi
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.