PENGEMBANGAN KUALITAS GURU MATEMATIKA MADRASAH ALIYAH MELALUI MODUL DAN PELATIHAN MICROSOFT MATHEMATICS
Abstract
Hampir semua sektor kegiatan masyakat memanfaatkan penggunaan teknologi informasi yang canggih, tak terkecuali dunia pendidikan. Perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan misalnya dalam hal penggunaan bahan dan media pembelajaran. Namun realitanya masih banyak guru yang belum memanfaatkan perkembangan teknologi secara maksimal. Khususnya dalam pendidikan matematika, teknologi dalam bentuk aplikasi hitung bisa dimanfaatkan guru untuk membuat soal yang lebih bervariatif. Aplikasi yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran matematika diantaranya adalah Microsoft Mathematics. Microsoft Mathematics adalah suatu software yang berfungsi untuk membantu menghitung, yang didalamnya memuat penjelasan cara penyelesaian masalah secara detail dan tahap demi tahap. Tujuan pengabdian ini adalah mengidentifikasi respon guru matematika Madrasah Aliyah setelah penggunaan aplikasi Microsoft Mathematics pada pembelajaran matematika yang didampingi modul Microsoft Mathematics yang telah pengabdi susun. Pendekatan yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR). Subjek pengabdian adalah guru matematika Madrasah Aliyah di wilayah Kabupaten Kudus. Instrumen pengumpulan data berupa lembar angket kepuasan pelatihan yang diisi oleh peserta pelatihan. Teknik analisis data menggunakan kriteria penilaian ideal. Pengabdian ini memberikan hasil bahwa respon guru matematika Madrasah Aliyah setelah pelatihan penggunaan aplikasi Microsoft Mathematics pada pembelajaran matematika yang didampingi modul Microsoft Mathematics adalah sangat puas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afianti, N., Juariah, Sugilar, H., & Susilawati, W. (2022). Improving Students ’ Procedural Mathematics Fluency Skills through Microsoft Mathematics Peningkatan Kemampuan Kelancaran Prosedural Matematika Siswa melalui Microsoft Mathematics. 10(2), 85–94.
Arief, M. (2015). Pengembangan Model dan Media Pembelajaran Matematika Ekonomi dan Bisnis dengan Aplikasi Microsoft Mathematics. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen, 1(2).
Auliya, R. N., Pinahayu, E. A. R., & Adnyani, L. P. W. (2020). Pemanfaatan Microsoft Mathematics 4.0 dalam Pengembangan Pembelajaran Matematika di SMA/SMK. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(1), 107. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i1.4629
Daryanto, A. D. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar). Gava Media.
Handayani, S. D., Solihah, A., & Sirait, E. D. (2019). Pemanfaatan Aplikasi Microsoft Mathematics pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Abdiku, 2(1), 8–15. http://194.59.165.171/index.php/JA/article/view/198/150
Maryaningsih, Sari, D. M., Qurniati, N., Fauzan, B., & Alhawari, M. A. (2022). Pelatihan Aplikasi Microsoft Mathematics Bagi Siswa SMA Muhammadiyah Boarding School Kota Bengkulu. 1334–1339.
Prastanti, P., & Kusuma, A. B. (2021). Aplikasi Pendukung Pembelajaran Matematika Pada Masa Covid-19. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2), 170–188. https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i2.2693
Qurniati, N., & Prahasti. (2021). Penerapan Aplikasi Microsoft Mathematics pada Pembelajaran Matematika bagi Siswa SMKS-9 Muhammadiyah Kota Bengkulu. 6(2), 188–192.
Rahayuningsih, S. (2018). Pemanfaatan Software Microsoft Mathematics dalam Pembelajaran Matriks. MAJAMATH: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 74. https://doi.org/10.36815/majamath.v1i1.147
Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 06(01), 62–71.
Rahmawati, C. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Geogebra Dan Microsoft Mathematic Di La Royba Islamic School. Jurnal Sistem Informasi Universitas
Suryadarma, 6(1), 18–30. https://doi.org/10.35968/jsi.v6i1.272
Rizki, F., & Widyastuti, R. (2019). Penggunaan Aplikasi Microsoft Mathematics untuk Pengembangan Bahan Ajar matematika Siswa. Desimal: Jurnal Matematika, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.24042/djm.v2i1.3160
Saragih, C. E., Sofiyan, & Fadilah. (2019). Penggunaan Microsoft Mathematics Melalui Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Matriks. 2(1).
Suryacitra, G. E., & Oktavia, R. (2018). Pemanfaatan Program Microsoft Mathematics Untuk Meningkatkan Ketelitian Siswa Kelas XI Dalam Menyelesaikan Soal Perkalian Dua Buah Matriks. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia: Perspektif Matematika Dari Budaya Indonesia, 647–653.
Susilawati, W., Rachmawati, T. K., Nuraida, I., Training, T., Islam, U., Sunan, N., & Djati, G. (2021). Adaptive Reasoning Based on Microsoft Mathematics 1,2,3. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 5(1), 216–224.
DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i2.3300
Article Metrics
Abstract view : 142 timesPDF – 90 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Naili Luma’ati Noor, Dina Fakhriyana, Wahyuning Widiyastuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada
RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :
LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 MedanKontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.