PELATIHAN KETERAMPILAN MENGGAMBAR STRUKTUR KIMIA DAN HASIL PENELITIAN BAGI MAHASISWA KESEHATAN DI JAYAPURA

Krisna Dewi, Eva Susanty Simaremare, Yanthi Hartyaditia, Tety Wahyuningsih Manurung

Abstract


Mahasiswa Kesehatan khususnya Farmasi di Jayapura yang menjadi mitra PKM ini rata-rata membuat gambar struktur kimia dan hasil lab baik di laporan dan tugas akhir kurang maksimal. Sehingga tujuan dari PKM ini adalah memberikan pelatihan terkait penyajian gambar struktur kimia dengan program Chemsketch dan gambar hasil penelitian yang baik dan tepat dengan teknik fotografi. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu pelatihan secara luring (menggambar struktur kimia) dan pelatihan secara daring teknik foto yang tepat) menggunakan instrumen berupa angket pre-test, edukasi, dan post-test. Sebelum kegiatan dilaksanakan, kuesioner diuji validasi dan reliabilitasnya terlebih dahulu. Hasil kegiatan menyatakan bahwa terjadi perubahan tingkat pengetahuan mahasiswa tentang penyajian gambar baik struktur kimia dan gambar umum lainnya setelah mengikuti kegiatan. Tingkat pengetahuan mereka dalam menggambar struktur kimia meningkat dan mencapai nilai persentase 86% (kategori sangat baik) penguasaan materi dan menyajikan gambar hasil penelitian sebesar 91% (kategori sangat baik). Pada akhir kegiatan, pengetahuan kemampuan mahasiswa dalam menggambar struktur kimia 86% dan gambar hasil penelitian 95% berada pada kategori sangat baik. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah peserta mendapatkan kemanfaatan dari PKM ini dan akhirnya mahir dalam menggambar struktur kimia dan mahir dalam teknik fotografi dasar


Keywords


Chemsketch, Fotografi, Pelatihan

Full Text:

PDF

References


Herlina, Y. (2003). KREATIVITAS DALAM SENI FOTOGRAFI. NIRMANA, 5(2), 214–228.

Indriyanti, N. Y., A, W., U, S. B., & Hasanah, N. (2020). Pemberdayaan Guru Kimia Melalui Produksi Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Chemsketch. Jurnal Bakti Saintek: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 4(1), 23–26. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/jbs.1566

Meidariani, N. W., Andriyani, A. A. A. D., & Ardiantari, I. A. P. G. (2022). PELATIHAN DARING BAHASA JEPANG PERHOTELAN KARYAWAN HOTEL DI BALI. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 21–27. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i1.1106

Mulatsari, E., Mumpuni, E., Nurhidayati, L., Purwanggana, A., & Pratami, D. K. (2021). PELATIHAN VISUALISASI MOLEKUL KIMIA DENGAN SOFTWARE CHEMSKETCH UNTUK SISWA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS. Magistrorum et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 102–112. https://doi.org/10.24246/jms.v2i12021p102-112

Nur’aini, S. (2020). FOTOGRAFI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MULTIPERSPEKTIF. https://www.researchgate.net/publication/342493649_FOTOGRAFI_SEBAGAI_MEDIA_PEMBELAJARAN_DALAM_MULTIPERSPEKTIF_Oleh_Syarifah_Nur’aini_Mahasiswa_Pendidikan_Multimedia_S1

Pongkendek, J., Marpaung, D., Nurvitasari, E., & Parlindungan, J. (2021). The Use of Chemsketch To Increase Student Learning Outcomes and Motivation In Learning Hydrocarbons. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 6(1), 9–18. https://doi.org/10.17977/um026v6i12021p009

Pradana, M. D. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA TUTORIAL PEMBELAJARAN MATA KULIAH MEDIA FOTOGRAFI PEMBELAJARAN. EDUDEENA, 2(1), 77–96. https://doi.org/10.30762/ed.v2i1.581

Prasetyo, A. (2012). Panduan Belajar Fotografi Melukis Dengan Cahaya (B. Putra & D. Lintang (eds.)). BENGKEL SINEMA INDONESIA.

Setiawan, R., & Bornok, M. B. (2015). ESTETIKA FOTOGRAFI. file:///C:/Users/MUHAMMAD BAGAS/Downloads/1468-Article Text-3072-2-10-20150824.pdf

Simaremare, E. S., Gunawan, E., Dewi, K., Bakrie, N. F., Pratiwi, R. D., & Agustine, R. (2020). Pendidikan Pemakaian Obat dan Antibiotik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Jayapura. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 6(4), 241–247. https://doi.org/10.22146/jpkm.49485

Sitepu, C. P. K. (2016). PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA CHEMSKETCH DALAM PEMBELAJARAN YANG MENGGUNAKAN METODE RESITASI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KIMIA DI SMK KELAS XI. Jurnal Ilmiah Integritas, 2(1), 1–19.

Utami, H. H., Sulfikar, & Anwar, M. (2017). PENGARUH CHEMSKETCH DALAM PENULISAN STRUKTUR KIMIA PADA METODE RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (MATERI POKOK IKATAN KIMIA). Indonesian Journal of Educational Studies, 20(2), 96–100. https://ojs.unm.ac.id/Insani/article/view/4818

Winata, I. N. A., Sulisitiyo, Y. A., & Suwardiyanto. (2020). Pelatihan Ketrampilan Menggambar Molekul dan Alat Kimia Menggunakan Chemsketch Bagi Guru-Guru Anggota MGMP Kimia Kabupaten Jember. Warta Pengabdian, 14(2), 71–77. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/WRTP/article/view/9888




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.1782

Article Metrics

Abstract view : 426 times
PDF – 839 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Krisna Dewi, Eva Susanty Simaremare, Yanthi Hartyaditia, & Tety Wahyuningsih Manurung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

   JournalStories Main logo  

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.