MENDESAIN POSTER MOTIVASI SEBAGAI MEDIA EDUKASI ANAK-ANAK PEMULUNG DAN DHUAFA DI SEKOLAH KAMI, BEKASI BARAT

Winny Gunarti Widya Wardani, Rina Wahyu Winarni

Abstract


Sekolah Kami merupakan sekolah informal yang didirikan secara swadaya untuk membantu memberikan pendidikan kepada anak-anak pemulung dan kaum dhuafa di wilayah Bekasi Barat. Sekolah Kami menyediakan pendidikan gratis setara SD, SMP, dan SMA, sebelum mereka disalurkan ke sekolah-sekolah kejuruan. Berdasarkan hasil observasi dan diskusi dengan pihak Sekolah Kami, diketahui bahwa para peserta didik sering kali kurang memiliki motivasi belajar. Rendahnya motivasi ini terutama  dipengaruhi oleh faktor lingkungan keluarga karena mereka harus membantu orang tua bekerja. Akibatnya mereka sulit membagi waktu dan kurang bersemangat belajar. Pembahasan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Desain Komunikasi Visual, yaitu memberikan  solusi berupa mendesain poster motivasi sebagai media edukasi untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter kepada anak-anak pemulung dan dhuafa tersebut. Penyampaian pesan melalui poster berisi motivasi  tentang kedisiplinan, rasa percaya diri, komitmen, dan berpikir positif. Saat ini, area Sekolah Kami masih memiliki keterbatasan dalam penyediaan poster edukasi yang ditempel di dinding ruang kelas maupun di area sekolah. Perancangan poster motivasi ini diharapkan dapat menjadi media komunikasi yang menarik perhatian peserta didik, sekaligus sebagai indoktrinasi pesan secara tidak langsung setiap kali mereka datang ke sekolah.


Keywords


Poster Motivasi, Media Edukasi, Anak Pemulung, Dhuafa, Sekolah KAMI

Full Text:

PDF

References


Ali, M. (2009). Pendidikan Untuk Pembangunan Nasional Menuju Bangsa Indonesia yang Mandiri dan Berdaya Saing Tinggi. Imperial Bhakti Utama.

Andinny, Y. (2015). Pengaruh Konsep Diri dan Berpikir Positif terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2). https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.119

Atiko. (2019). Booklet, Brosur, dan Poster Sebagai Karya Inovatif di Kelas. Caremedia Communications.

Danesi, M. (2010). Pengantar Memahami SEMIOTIKA MEDIA. Jalasutra.

Farhan, A. (2015). Al-Quran Dan Keberpihakan Kepada Kaum Dhuafa. Jurnal Imiyah Syi’ar, 15(2), 1–16. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29300/syr.v15i2.1377

Madani, M., & Risfaisal, R. (2017). Perilaku Sosial Anak Putus Sekolah. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 4(2), 184–193. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v4i2.500

Nopianti, E, P., & Syahrudin, H. (2015). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Akuntansi Di Sma. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(12), 1–10. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12990

Nugraha, A., & Imaddudin, A. (2019). Experiential Based Counseling Untuk Meningkatan Komitmen Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas Di Wilayah Kecamatan Indihiang Kota Tasikmalaya. Journal of Innovative Counseling : Theory, Practice & Research, 3(1), 36–42. https://journal.umtas.ac.id/index.php/innovative_counseling/article/view/384/238

Nuria, R. (2019). Perilaku Hidup Sehat untuk Taman Kanak-kanak. Edu Publisher.

Perdana, F. J. (2019). PENTINGNYA KEPERCAYAAN DIRI DAN MOTIVASI SOSIAL DALAM KEAKTIFAN MENGIKUTI PROSES KEGIATAN BELAJAR. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 8(2). https://doi.org/10.24235/edueksos.v8i2.5342

Rachmahana, R. S. (2008). Psikologi Humanistik dan Aplikasinya dalam Pendidikan. El-Tarbawi, 1(1), 99–114. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol1.iss1.art8

Setyorini, D. (2014). Pengaruh Ekonomi Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Anak Di Dusun Girimulyo, Kec. Jenawi, Kab. Karanganyar [Universitas Muhammadiyah Surakarta]. http://eprints.ums.ac.id/30899/1/HALAMAN_DEPAN.pdf

Susanti, L. (2019). Strategi Pembelajaran Berbasis Motivasi, Menyajikan Pentingnya Motivasi Dalam Pembelajaran. Kompas Gramedia.

Sutardji. (2009). KARAKTERISTIK DEMOGRAFI DAN SOSIAL EKONOMI PEMULUNG Sutardji Jurusan Geografi FIS - UNNES Abstrak. Jurnal Geografi, 6(2), 121–132. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JG/article/view/98/99

Wahyuningsih, S. (2013). Desain Komunikasi Visual. Bangkalan, UTM Press.

Windiarto, T., Yusuf, A. H., Santoso, A. D., Nugroho, S., Latifah, S., Solih, R., Hermawati, F., Purbasari, L. A., & Rahmawatiningsih, A. (2018). Profil Anak Indonesia Tahun 2018. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA. https://www.kemenpppa.go.id/lib/uploads/list/74d38-buku-pai-2018.pdf

Wulandari, R. (2017). Poster Sebagai Media Pendidikan Karakter. SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN FIP UM 2017, 375–380. http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2017/12/Rita-Wulandari.pdf




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v2i2.1199

Article Metrics

Abstract view : 450 times
PDF – 672 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Winny Gunarti Widya Wardani, Rina Wahyu Winarni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

           JournalStories Main logo  

MEMBER OF

RJI Main logo   

  Crossref Sponsoring Member Badge    

JOURNAL CITATION

    


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.