Analisis Niat Beli Konsumen terhadap Air Minum Isi Ulang pada Depot Mountain Water Simpang Limun Medan
Abstract
Untuk mengetahui kualitas produk, harga, lokasi dan kualita pelayanan yang paling dominan terhadap minat konsumen pada Depot “Mountain Water” Simpanglimun, Medan. Sampel yang digunakan sebanyak 50 responden dengan teknik purposive sampling. Pengujian instrumen menggunakan analisis validitas dan reliabilitas sedagkan metode analisis data menggunakan analisis statistik dengan persamaan regresi linier berganda dengan uji F sebesar 28.211. berdasarkan hasil penelitian dari uji F menunjukkan bahwa secara simultan semua faktor secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap minat konsumen pada Depot “Mountain Water” dimana F hitung > F tabel sedangkan hasil uji t kualitas produk (X1) bahwa nilai signifikan 0.200 > 0.05, harga (X2) bahwa nilai signifikan 0.222 > 0.05, Lokasi (X3) bahwa nilai signifikan 0.169 > 0.05, dan Kualitas Pelayanan bahwa nilai signifikan 0.215 > 0.05. Maka dapat disimpulkan bahwa seluruh variabel berpengaruh terhadap variabel minat konsumen. Diperoleh nilai R 0.846 yang artinya variabel dependen dapat dijelaskan oleh variabel independen sebesar 84.6% sedangkan sisanya sebesar 15.4% dijelaskan oleh variabel lain diluar model.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Assael, H. (1998). Consumer behavior and marketing action (6th ed.). South-Western College Pub.
Depot Quazone Idrus Tanjung Pauh-Kuantan Singingi. Skripsi.
Djalim, S. (2018). Dasar-dasar pemasaran. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Fadillah, A. (2020). Minat beli sebagai determinan keputusan pembelian produk konsumen. Jurnal Ilmu Manajemen, 5(1), 67–78. https://doi.org/10.31933/jim.v5i1.212.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson Education.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of marketing (17th ed.). Pearson
M Manullang, E. H. (2022). Manajemen Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Indomedia Pustaka.
Rido Wandrivel, N. S. (2012). Kualitas Air Minum Yang Diproduksi Depot Air Minum Isi Ulang Di Kecamatan Bungus Padang Berdasarkan Persyaratan Mikrobiologi. Penelitian.
Rosalina, I., & Wibowo, A. (2019). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen. Jurnal Manajemen & Bisnis, 7(2), 134–142. https://doi.org/10.52362/jmb.v7i2.145
Sangadji, S. (2023). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Sanusi, A. (2018). Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung: CV Pustaka Setia.
Siagian Nalom, (2021). Statistika Dasar: Konseptualisasi Dan Aplikasi, Kultura Digital Media.
Siagian Nalom, (2021), Pengaruh Pelaksanaan Kebijakan Dana Desa Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Melalui Pemberdayaan Masyarakat: Studi Kasus Di Kecamatan Siantar Narumonda Kabupaten Toba, Buletin Studi Ekonomi Available online at https://ojs.unud.ac.id/index.php/bse/index Vol. 26 No. 2, Agustus 2021, pages: 151-164
Siagian Nalom, (2022), Pengembangan Dan Pemberdayaan Masyarakat, CV Literasi Nusantara Abadi.
Siagian Nalom, (2023). Peluang Usaha Produk Turunan Andaliman Untuk Meningkatkan Ekonomi Rakyat Di Martubung Kelurahan Besar Kecamatan Medan Labuhan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(3), 2663-2667.
Siagian Nalom, (2023). Online Lending Business And Its Criminal Aspect Of Collectibility. Journal on Education, 5(3), 7400-7405.
Siagian Nalom, (2023). The Power of Robots: A Dedication of Computer Science for Human Capitals Management, Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(SpecialIssue), 939–944.
Siagian Nalom, (2024). The role of economic policies to adopt renewable energy and digital technology on business decisions and HR management in the Indonesian mining sector, International Journal of Energy Economics and Policy (IJEEP) 14 (2), S. 632 - 641.
Siagian Nalom, (2024). Leveraging Digital Business Communication For Enhanced Profitability In Global Markets. Proceedings of International Conference on Social, Politics, Administration, and Communication Sciences, 1(2), 94-110.
Siagian Nalom,(2024). Analysis Of Socio-Economic Factors That Influence The Level Of Public Service Satisfaction In Medan City. The American Journal of Interdisciplinary Innovations and Research, 1(01), 74–87.
Siagian Nalom, (2024). The Influence of Creativity on Welfare Through Self-Efficacy in the Lake Toba Area of Samosir District . Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(SpecialIssue), 10–17.
Simanjuntak, R. (2021). Analisis faktor yang memengaruhi permintaan air minum isi ulang di Kota Medan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 12(1), 45–56. https://doi.org/10.31289/jeb.v12i1.4567.
Suharti, Wandrivel, & Lestari. (2012). Air sebagai kebutuhan vital manusia. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(2), 115–124. https://doi.org/10.15294/kemas.v8i2.2345.
Syahputra, D., & Wulandari, R. (2022). Perilaku konsumen terhadap air minum isi ulang di daerah perkotaan. Jurnal Riset Manajemen, 14(3), 201–213. https://doi.org/10.33369/jrm.v14i3.6789
Thamrin, H., & Tantri, F. (2013). Manajemen pemasaran. Rajawali Pers.
DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v19i3.7511
Article Metrics
Abstract view : 31 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 8 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Adi Putra Lumbantoruan, Nalom Siagian, Natalia ET Sihombing

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:
Member Of :
Diterbitkan oleh:
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Email : warta@dharmawangsa.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.