PENGARUH KUALITAS PELAYANAN CUSTOMER SERVICE DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA JALAN TOL PADA PT. JMTO CABANG BELMERA

Roqy Hasbi, Suardi Suardi, Umar Hamdan Nasution

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh fasilitas dan kualitas layanan pelanggan terhadap kepuasan pengguna jalan tol di PT. JMTO Cabang Belmera. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kuantitatif. Sebanyak 278 sampel yang merupakan konsumen pengguna jalan tol Belmera menjadi sampel penelitian. SPSS Versi 25 digunakan dalam metodologi analisis data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebahagiaan pengguna jalan tol di PT. JMTO Cabang Belmera dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh mutu layanan pelanggan yang diberikan. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh positif terhadap kebahagiaan pengguna jalan tol. Hal ini berarti bahwa pelanggan jalan tol akan semakin puas setiap kali kualitas layanan ditingkatkan. Fasilitas memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kebahagiaan pengguna jalan tol di PT. JMTO Cabang Belmera, berdasarkan hasil perhitungan uji-t. Hal ini menunjukkan bahwa pelanggan sangat sensitif terhadap produk atau layanan yang mereka terima, dan jika mereka tidak puas, mereka akan beralih ke penyedia layanan lain. Fasilitas memiliki pengaruh yang baik dan signifikan terhadap kepuasan pengguna jalan tol PT. JMTO Cabang Belmera, berdasarkan hasil perhitungan uji-t. Hal ini menunjukkan bahwa pengguna jalan tol sangat sensitif terhadap produk atau layanan yang diterimanya, dan apabila tidak puas, maka akan beralih ke penyedia layanan lain. Kepuasan pengguna jalan tol PT. JMTO Cabang Belmera dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh kualitas fasilitas dan layanan pengguna jalan tol, berdasarkan hasil perhitungan uji-f. Secara umum, yang membedakan penyedia layanan dengan penyedia layanan lainnya adalah kemampuan suatu bisnis untuk terus memberikan layanan seperti fasilitas yang lebih baik dari pesaingnya. Dalam menilai kualitas layanan, kepuasan pengguna jalan tol dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu layanan yang dirasakan dan fasilitas yang diharapkan. Nilai Adjusted R Square (R2) sebesar 53,6% atau 0,536. Dengan demikian, 53,6% variasi kepuasan pengguna jalan tol dapat dijelaskan oleh variabel fasilitas dan kualitas layanan pengguna jalan tol, sedangkan sisanya sebesar 46,4% dijelaskan oleh variabel lain di luar model.

Keywords


Fasilitas, Kepuasan Pelanggan, dan Kualitas Pelayanan Pelanggan.

References


Abubakar, Rusydi. (2017). Manajemen Pemasaran. Sayed Mahdi, ALFABETA: Bandung.

Arianto, N. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pengunjung dalam Menggunakan jasa Hotel Rizen Kedaton Bogor. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1, 83-101. Diakses dari http://www.scholar.google.co.id

Angie Factuaza Purnama. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Tarif Terhadap KepuasanKonsumen Pengguna Jalan Tol Salatiga.Skripsi Universitas Kristen Satya Wacana.

Fauzi, A., & Hidayat, R. (2020). Manajemen Kinerja. Airlangga University Press.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS. 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harahap, Sofyan Syafri. (2016). Analisis Kritis Laporan Keuangan. Jakata: PT Raja. Grafindo Persada.

Hendryadi dan Suryani, (2015), Metode Riset Kuantitatif : Teori dan Aplikasi pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam, Edisi Pertama, Cetakan ke-1, PT. Fajar Interpratama Mandiri, Jakarta.

Hery Tri Yudi, Ahmad Taufiq Harahap, Al Firah,(2023). Pengaruh Pelayanan Customer Service Dan Fasilitas Kantor Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Medan . jurnal Bisnis Corporate Universitas Dharmawangsa

Irawan, H. (2021). Manajemen Merek & Kepuasan Pelanggan. Pekalongan.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya. Unitomo Press. PT. Nasya Expanding Management (NEM).

Kasmir. (2014). Etika Customer Service. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & Jakarta: PT. Indeks.

Kasmir. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). Depok: PT. Rajagrafindo Persada

Kevin Rezananta Purnomo dan Berto Mulia Wibawa. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Jalan Tol di Wilayah Unit Jatim 02 Terhadap Layanan Satuan Patroli Jalan Raya Ditlantas Polda Jatim. Jurnal Sains Dan Seni Insititut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Lupiyoadi,R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat.

Moenir, H.(2017). Manajamen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi. Aksara.

Priansa, Donni Juni. (2018). Perencanaan & Pengembangan SDM. Bandung. Alfabeta.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D, penerbit. Alfabeta,Bandung.

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. (2014), Pemasaran Jasa –Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi. Offset, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v19i3.7116

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Roqy Hasbi, Suardi Suardi, Umar Hamdan Nasution

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.