EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH SECARA BERKELOMPOK MENGGUNAKAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PADA PERKULIAHAN MIKROBIOLOGI
Abstract
Pembelajaran berbasis masalah (PBM) merupakan salah satu strategi pembelajaran yang menggunakan masalah sebagai langkah awal mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru. Namun agar mendapatkan output yang maksimal, PBM sebaiknya dikombinasikan dengan media dan teknik yang tepat. Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh dan efektivitas PBM secara berkelompok meng-gunakan multimedia interaktif terhadap kemampuan memecahkan masalah mahamahasiswa pada perkuliahan mikrobiologi. Penelitian ini menggunakan rancangan kuasi eksperimen dengan 3 kelas yang ditentukan secara random. Instrumen penelitian menggunakan tes kemampuan memecahkan masalah. Data dianalisis dengan meng-gunakan ANACOVA dan uji lanjut Tukey dengan bantuan program SPSS. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: (1)Terdapat pengaruh PBM dan multimedia interaktif terhadap kemampuan memecahkan masalah pada perkuliahan mikrobiologi, (2)PBM kelompok menggunakan multimedia interaktif lebih efektif meningkatkan kemampuan memecahkan masalah mahamahasiswa dibandingkan dengan PBM klasik+multimedia interaktif dan Konvensional+media linier
DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v0i56.7
Article Metrics
Abstract view : 211 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Warta Dharmawangsa
Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:
Member Of :
Diterbitkan oleh:
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Email : warta@dharmawangsa.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.