Aspek yang Mempengaruhi Kecemasan Berbicara Bahasa Inggris pada Mahasiswa Baru
Abstract
Kecemasan berbahasa Inggris sering dirasakan oleh mahasiswa baru khususnya di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Hal ini adalah masalah umum yang sering terjadi, yang sering mempengaruhi proses belajar mereka secara keseluruhan. Telah ada banyak penelitian tentang kecemasan berbicara bahasa Inggris oleh Mahasiswa di Indonesia. Namun, belum banyak penelitian yang secara khusus berfokus pada mahasiswa baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengetahui faktor-faktor utama yang memengaruhi kecemasan berbicara bahasa Inggris pada mahasiswa baru Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kajian literatur dan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif diambil berdasarkan gambaran pengalaman mahasiswa baru jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kecemasan timbul dari berbagai aspek, seperti kurangnya kepercayaan diri, keterbatasan kosakata, pengalaman belajar yang kurang efektif, dan minimnya motivasi intrinsik. Mahasiswa Baru juga merasa takut akan kesalahan karena tidak terbiasa menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua. Selain itu, keterampilan berbicara dianggap paling sulit dibandingkan keterampilan berbahasa lainnya karena menuntut respon cepat dan akurat dalam waktu singkat.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anggraeni, A., & Rachmijati, C. (2017). Aplikasi Pemahaman Lintas Budaya (Crosscultural Understanding) dalam Pembelajaran Speaking untuk Mengatasi Kecemasan Berbicara (Speaking Anxiety) pada Mahasiswa Semester 2 Program Studi Bahasa Inggris STKIP SILIWANGI. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 4(2).
Firna, R., Rahmania, R., & Bafadal, F. (2024). Faktor Penyebab Dampak Kecemasan Berbicara dalam Bahasa Inggris. Seminar Nasional Paedagoria.
Ningsih, E. W., Bahasa, A., & Balikpapan, A. (2017). Kecemasan dalam Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Semester Keempat Akademi Bahasa Asing Balikpapan. SNITT-Politeknik Negeri Balikpapan.
Sari, D. S., & Susanti, H. (2024). Faktor-Faktor Penyebab Kecemasan dalam Berbicara Bahasa Inggris pada Mata Kuliah Speaking for Akademik Purposes. Tantangan Dan Peluang Dalam Mengoptimalkan Peran Artificial Intelligence (AI) Untuk Menghasilkan Karya Ilmiah Berkualitas Menuju Masa Depan Riset Indonesia Maju 2045.
DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v19i3.6734
Article Metrics
Abstract view : 7 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 8 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Alivia Zaskia Maulida, Rayya Raihana Khotib, Jihan Nayla Rahmatul 'Izza

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:
Member Of :
Diterbitkan oleh:
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Email : warta@dharmawangsa.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.