IMPLEMENTASI CHATGPT DAN WRITING WORKSHOP UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS TULISAN SISWA DI ERA DIGITAL

Sigit Widiyarto, Aster Pujaning Ati, Luluk Setyowati, Ukti Lutvaidah, Tri Astuti

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tantangan dalam meningkatkan kualitas tulisan siswa SMA di era digital, seperti kesulitan dalam mengembangkan kerangka penulisan, mencari referensi, dan kurangnya motivasi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tahapan pembelajaran menulis dengan menggunakan ChatGPT dalam konteks Writing Workshop untuk meningkatkan minat, motivasi, dan kemampuan menulis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, yang melibatkan enam siswa dan dua guru Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dari dua SMA di Kabupaten Bekasi. Data dikumpulkan melalui wawancara, pengamatan, dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengajaran eksplisit mengenai tema Hari Gizi Nasional, strategi penulisan dengan brainstorming dan mind mapping, serta penggunaan ChatGPT sebagai alat pendukung, memberikan dampak positif dalam mendorong siswa untuk berpikir kritis dan kreatif. Implementasi praktik berbagi karya juga memberikan pengalaman berharga bagi siswa melalui umpan balik dari guru dan teman sejawat. Saran dari penelitian ini adalah agar para pendidik mengintegrasikan penggunaan ChatGPT dalam proses pembelajaran menulis secara lebih menyeluruh, serta menyediakan pelatihan bagi guru agar dapat memanfaatkan teknologi dengan maksimal. Penelitian lebih lanjut juga diperlukan untuk mengeksplorasi berbagai konteks dan pendekatan lain dalam pemanfaatan AI dalam pendidikan.


Keywords


Chat GPT; Writing Shop; Siswa SMA.

References


AlAfnan, M. A., Dishari, S., Jovic, M., & Lomidze, K. (2023). Chatgpt as an educational tool: Opportunities, challenges, and recommendations for communication, business writing, and composition courses. Journal of Artificial Intelligence and Technology, 3(2), 60-68. DOI: https://doi.org/10.37965/jait.2023.0184

Anjarani, S., Furqon, M., & Rakhmawati, F. (2024). ChatGPT to Foster Students’ Engagement

in Writing Class: An Intervention Study. Voices of English Language Education Society, 8(3).

Devitasari, L., Telaumbanua, S., & Sari, S. (2023). Kesulitan Siswa SMA Dalam Menyusun Artikel Ilmiah. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 2140-2148.

De Matas, J. (2023). ChatGPT and the future of writing about writing. Double Helix, 11.

Juita, H. R., Widiyarto, S., Apriliyani, N. Y. A., Megayanti, W., Ati, A. P., & Sumadyo, B. (2025). Literature Learning to Instill Local Culture Using Digital Flipbooks for Elementary School Students. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 6(2), 420-426.

Oktarin, I. B., Saputri, M. E. E., Magdalena, B., Hastomo, T., & Maximilian, A. (2024). Leveraging ChatGPT to enhance students’ writing skills, engagement, and feedback literacy. Edelweiss Applied Science and Technology, 8(4), 2306-2319. https://doi.org/10.55214/25768484.v8i4.1600

Purnomo, B., & Widiyarto, S. (2023). The Effectiveness of the Value Clarification Technique in Learning History for High School Students in Bekasi. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(4), 5916-5923.

Rosalina, U., Sahronih, S., & Guntur, M. (2024). Optimalisasi Penggunaan Chatgpt dalam Penulisan Artikel Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 10105-10113. DOI: https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31548

Setiawan, A., & Luthfiyani, U. K. (2023). Penggunaan ChatGPT untuk pendidikan di era Education 4.0: Usulan inovasi meningkatkan keterampilan menulis. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 4(1), 49-58.

Suryadi, A., Febrianti, E. L., & Sikumbang, A. S. (2024). Memperkuat Kemampuan Menulis Guru di Era Digital Melalui Pelatihan Kecerdasan Buatan. PUAN INDONESIA, 6(1), 123-130. DOI: https://doi.org/10.37296/jpi.v6i2

Veddayana, C., Romadhon, S., Aldresti, F., & Suyono, S. (2023). Rasionalitas Implementasi Chat GPT dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Karya Ilmiah. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 443-452.

Widiyarto, S., Ati, A. P., Mulyadi, M., Yanti, S., Restoeningroem, R., Widiarto, T., & Sutina, S. (2022). Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Dengan Menggunakan Scrabble Pada Siswa Smp Di Kabupaten Bogor. Jurnal Pajar (Pendidikan dan Pengajaran), 6(6), 1731-1739.

Yusuf, N. N., Sumiyadi, S., & Nugroho, R. A. (2024). Integrasi Legenda urban dalam Model Pembelajaran Menulis Cerita Fantasi di SMP. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(3), 2985-2997.




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v19i2.6361

Article Metrics

Abstract view : 108 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 62 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Sigit Widiyarto, Aster Pujaning Ati, Luluk Setyowati, Ukti Lutvaidah, Tri Astuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.