DAMPAK PERANAN KESENANGAN DALAM BERBELANJA DAN KEBIASAAN KONSUMTIF TERHADAP PEMBELIAN YANG TIDAK DIRENCANAKAN SECARA ONLINE OLEH MAHASISWA POLITEKNIK UNGGUL LP3M DI PLATFORM SHOPEE
Abstract
Tujuan dari riset ini adalah untuk menganalisis seberapa jauh variabel independen, yaitu kesenangan dalam berbelanja dan kebiasaan konsumtif terhadap pembelian, berpengaruh atas variabel dependen e-impulse buying pada mahasiswa Politeknik Unggul LP3M dalam penggunaan platform shopee. Penelitian ini melibatkan sampel sejumlah 71 responden merupakan mahasiswa Politeknik Unggul LP3M Jurusan Manajemen Pemasaran semester 2, 4 dan 6. Riset ini menerapkan metode kuantitatif menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan capaian analisis, nilai adjusted R Square dalam model regresi adalah sebesar 46,3%, yang berarti variabel bebas yang digunakan dalam studi ini dapat menggambarkan 46,3% keragaman dari variabel terikat. Sementara itu, sisanya 54,7% dipengaruhi faktor lain yang tidak termasuk dalam model. Adapun nilai R Square tercatat sebesar 0,463. Semakin mendekati nilai R Square ke angka 1, maka semakin besar pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Dari hasil uji t, ditemukan bahwa variabel yang memiliki pengaruh sangat dominan terhadap e-impulse buying yaitu hedonic shopping motivation, dengan tingkat signifikansi 0,006 yang berada di bawah batas signifikansi 0,05.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alfisyahrin, Dhuhan. 2018. Pengaruh Hedonic Motives Terhadap Shopping Lifestyle Dan Impulse Buying.
Anggia, Yulida. 2022. “Pengaruh Hedonic Shopping Motivation Terhadapimpulse Buying Dengan Shopping Lifestyle Sebagai Variabel Pemediasi Pada Online Shop (Survey Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fekon Unand).” : 1–123.
Daulay, Zulia Rifda. 2020. “Pengaruh Sistem Pengawasan Dan Jaminan Kesehatan Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada Pt.United Rope Medan.” (September): 588–97.
_ . 2024. “Pengaruh Kualitas Produk , Harga , Citra Merek , Dan Saluran Distribusi Terhadap.” 4: 4639–49.
Ghozi Rahmanda. 2022. “Analisis Perilaku E-Impulse Buying Konsumen:FoMO, Web Browsing, Mobile E-Commerce, Dan Online Customer Review.” 9: 356–63.
Kamali, Radina Aulia. 2024. “PENGARUH SHOPPING LIFESTYLE DAN FASHION INVOLVEMENT TERHADAP IMPULSE BUYING BEHAVIOR PADA PENGUNJUNG H & M DI MANADO TOWN SQUARE THE INFLUENCE OF SHOPPING LIFESTYLE AND FASHION INVOLVEMENT ON IMPULSE BUYING BEHAVIOR AMONG H & M VISITORS AT MANADO TOWN SQU.” 12(3): 846–57.
Martiana. 2019. “Pengaruh Shopping Lifestyle, Discount Dan Pashion Involvement Terhadap Impulse Buying Pengunjung Transmart Carrefour Buah Batu Bandung.” Manajemen,Ekonomi dan Akuntansi 3(2): 1–14. doi:10.31955/mea.vol4.iss1.pp.
NATIA, M. 2024. “Pengaruh Hedonic Shopping Motivation Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Shopee Dengan Sales ….”
Nurhaliza. 2024. “PENGARUH FOMO , SHOPPING LIFESTYLE , DAN HEDONIC SHOPPING MOTIVATION TERHADAP IMPULSE BUYING DECISION PADA BEAUTY E-COMMERCE BEAUTY HAUL ( STUDI KASUS MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA ).” Studi Manajemen.
Rahmawati, Lina. 2024. “Pengaruh Shopping Lifestyle Dan Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulse Buying Di Marketplace Shopee Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Gunung Lauser.” Ekonomi dan Bisnis.
Rohman, Muhammad Taufiqur, Nur Laila Yuniarti, Ade Irma Suryani Lating, Nufaisa, and Selvia Eka Aristantia. 2023. “PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA DALAM PENCAPAIAN GOOD GOVERNANCE ( Studi Empiris Pada Desa Pabean Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo ).” Liabilities Jurnal Pendidikan Akuntansi 6(3): 31–42.
Sofiyah Salsabilah, Iswati Iswati, and Arief Widjadmoko. 2024. “Pengaruh Hedonic Shopping Motivation Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen E-Commerce Shopee Surabaya.” Jurnal Riset Manajemen 2(3): 216–31. doi:10.54066/jurma.v2i3.2256.
Styowati, Camelia Yully, and Jojok Dwiridotjahjono. 2023. “The Influence Of Hedonic Shopping Motivation, Shopping Lifestyle, And Sales Promotion On Impulse Buying Of Sociolla Users In Surabaya.” Management Studies and Entrepreneurship Journal 4(2): 1353–61.
Yuniarti, Yenny, Maulidia Imastary Tan, Ade Perdana Siregar, and Adi Ikhsan Syukri Amri. 2021. “Faktor Yang Mempengaruhi Impulse Buying Konsumen Saat Moment Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).” Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan 10(01): 153–59. doi:10.22437/jmk.v10i01.12711.
Yusliani, Herdina, and Sella Kurnia Sari. 2024. “Pengaruh Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulse Buying Masyarakat Muslim Gen Z Pengguna Shopee Di Kecamatan Toapaya Kabupaten Bintan.” Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Syari’ah 1(1): 9–26.
DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v19i2.6312
Article Metrics
Abstract view : 48 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 26 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Zulia Rifda Daulay

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:
Member Of :
Diterbitkan oleh:
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Email : warta@dharmawangsa.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.