PENGARUH VIRAL MARKETING DAN CELEBRITY ENDORSEMENT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA PENGGUNA BRAND SKINTIFIC DI KOTA MEDAN)

Audyta Ramadhani Purba, Kartini Harahap

Abstract


Keputusan pembelian adalah salah satu bagian dari perilaku konsumen. Keputusan pembelian merupakan tindakan konsumen dalam membuat suatu keputusan terhadap sebuah produk untuk memenuhi kebutuhannya. Ketatnya persaingan sekarang ini, membuat perusahaan harus mampu menarik konsumen untuk memilih produknya dibandingkan produk pesaing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh viral marketing dan celebrity endorsement terhadap keputusan pembelian. Pengaruh viral marketing dan celebrity endorsement akan dianalisis secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian konsumen Skintific di Kota Medan. Bentuk penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi pada penelitian ini adalah pengguna Skintific di Kota Medan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik accidental sampling dan menggunakan 100 responden. Data primer diperoleh melalui penyebaran kuesioner dan data sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan yang didapat melalui internet. Data yang didapat diolah menggunakan software SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa viral marketing memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian dengan  >  sebesar 5,360 > 1,984 dengan signifikansi sebesar < 0,001.  Celebrity endorsement memiliki pengaruh signifikan dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai  3,362 > 1,984 dengan signifikansi sebesar 0,001. Pada pengujian simultan variabel viral marketing dan celebrity endorsement berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai sebesar 47,155 > 3,09 dengan signifikansi < 0,001 serta nilai koefisien determinasi sebesar 0,483 yang menunjukkan bahwa pengaruh variabel viral marketing dan celebrity endorsement dapat menjelaskan variabel keputusan pembelian sebesar 48,3%.

Keywords


Viral Marketing, Celebrity Endorsement, Keputusan Pembelian.

References


Albushairi, S. A., Huda, N., & Rifani, A. (2018). Perilaku Konsumen Teori dan Aplikasi Pada Riset Pemasaran. Banjarmasin: Raja Grafindo Persada.

Andrews, J. Craig., & Shimp, T. A. . (2018). Advertising, Promotion, and Other Aspects of Integrated Marketing Communications. Boston: Cengage Learning.

Aziza, Y., & Hawignyo. (2022). Pengaruh Digital Marketing dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mie Samyang. Jurnal Pendidikan Tambusal, 6(2), 10641–10652.

Calvo-Rivaroli, C., Rivaroli, S., & Orosa-González, J. (2021). The Influence of Celebrity Endorsement on Food Consumption Behavior. MPDI Foods, 10(9). https://doi.org/10.3390/foods10092224

Ekasari, S., Putra, J. E., & Kusnadi, I. (2024). Viral Marketing Success Secrets: Optimising Social Media. Prosiding Seminar Nasional Indonesia, 2, 439–451.

Firmansyah, A. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Surabaya: Deepublish.

Grau, S. L. (2022). Celebrity 2.0: The Role of Social Media Influencer Marketing in Building Brands (1 ed.). New York: Business Expert Press.

Haque, M., Iskandar, A. S., Erlangga, H., Nurjaya, & Sunarsi, D. (2022). Strategi Pemasaran Konsep, Teori, dan Implementasi. Tangerang Selatan: Pascal.

Irawan, A. (2019). Pengaruh Viral Marketing dan Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Brand Awareness Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengguna Produk Smartphone Merek Oppo di Kota Makassar) [Skripsi]. UIN Alauddin Makassar.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Boston: Pearson Education Limited.

_______________________, & Chernev, Alexander. (2022). Marketing Management. Esssex: Pearson Education Limited.

Pinem, A. F. (2024). Pengaruh Celebrity Endorsement dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Skintific pada Toko Underprice Skincare [Skripsi]. Universitas Medan Area.

Portal Informasi Indonesia. (2024, Februari 20). Kinclong Industri Kosmetik Tanah Air. Diakses pada Oktober. 1, 2024, dari https://indonesia.go.id/kategori/editorial/7984/kinclong-industri-kosmetik-tanah-air?lang=1

Safira. (2021). Pengaruh Viral Marketing, Online Consumer Reviews, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee (Survey Pada Pelanggan Shopee Jakarta Timur) [Skripsi]. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.

Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian. Medan: KBM Indonesia.

Schiffman, L., & Wisenblit, J. (2019). Consumer Behavior (12 ed.). New York: Pearson Education Limited.

Septiani, A. C. (2024). Pengaruh Viral Marketing dan Celebrity Endorse Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Somethinc (Studi Kasus Pada Pengguna Skincare Somethinc di Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang) [Skripsi]. Universitas Medan Area.

Siregar, O. M., & Nasution, M. D. T. P. (2023). Perilaku Konsumen Offline & Online. PT. Dewangga Energi Internasional

Zaki, K. (2020). Manajemen Syariah Viral Marketing Dalam Perspektif Pemasaran Syariah Studi Kasus Pada Perusahaan Start Up Sosial. Bengkulu: Amerta Media.

Zusrony, E. (2021). Perilaku Konsumen di Era Modern. Semarang: Yayasan Prima Agus Teknik.




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v19i2.6310

Article Metrics

Abstract view : 104 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 48 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Audyta Ramadhani Purba, Kartini Harahap

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.