PERAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN SEBAGAI SARANA MENINGKATKAN TOLERANSI ANTARUMAT BERAGAMA DI POLITEKNIK UNGGUL LP3M

Tumini Sipayung, Roma Sihombing

Abstract


Pendidikan Agama Kristen memiliki peran penting dalam membentuk karakter mahasiswa serta menanamkan nilai-nilai toleransi di lingkungan akademik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana Pendidikan Agama Kristen berperan sebagai sarana dalam meningkatkan toleransi antarumat beragama di Politeknik Unggul LP3M. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dari dosen, mahasiswa, serta pihak terkait lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan Agama Kristen di Politeknik Unggul LP3M telah berkontribusi dalam membangun sikap toleransi mahasiswa melalui pendekatan pembelajaran yang inklusif, diskusi lintas agama, dan refleksi nilai-nilai Kristiani. Mahasiswa yang mengikuti mata kuliah ini menunjukkan peningkatan dalam sikap menghormati perbedaan keyakinan dan menjalin hubungan yang harmonis dengan teman-teman dari berbagai latar belakang agama. Namun, penelitian ini juga menemukan beberapa kendala dalam pelaksanaannya, seperti keterbatasan waktu dan kurangnya sumber daya pendukung untuk pembelajaran lintas agama. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa Pendidikan Agama Kristen memiliki potensi besar dalam meningkatkan toleransi antarumat beragama di lingkungan kampus. Diperlukan penguatan metode pembelajaran yang lebih interaktif serta kolaborasi dengan lembaga lintas agama guna mengoptimalkan hasil yang lebih baik di masa mendatang.


Keywords


Pendidikan Agama Kristen, toleransi, antarumat beragama, Politeknik Unggul LP3M.

References


Azra, A. (2019). Pendidikan Islam dan Tantangan Multikulturalisme di Indonesia. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Departemen Pendidikan Nasional. (2018). Kebijakan Pendidikan dalam Meningkatkan Toleransi Beragama. Jakarta: Balitbang Depdiknas.

Gunawan, R. (2020). Implementasi Pendidikan Agama dalam Menumbuhkan Sikap Toleransi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mulyadi, S. (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kristiani. Bandung: Alfabeta.

Sigalingging, J. Raranta, J.E, (2022). Peran Pendidikan Agama Kristen (PAK) dalam Keluarga terhadap Pembentukan Mental, Spiritual, dan Karakter Anak, Edukatif: Jurnal Pendidikan, Volume 4 Nomor 6 Halaman 7426-7436

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tilaar, H. A. R. (2018). Multikulturalisme: Tantangan-Tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional. Jakarta: Gramedia.




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v19i2.6283

Article Metrics

Abstract view : 8 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Tumini Sipayung, Roma Sihombing

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.