ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI RAWAT INAP PADA RSU. MUHAMMADIYAH SUMUT

Buyung Solihin Hasugian, J. Prayoga

Abstract


Abstrak

Rumah Sakit Umum Muhammadiyah Sumut adalah sebuah institusi pelayanan kesehatan yang melayani berbagai keluhan kesehatan, yang pelayanannya disediakan oleh dokter, perawat, dan tenaga medis lainnya. Dalam memproses data pasien, data kamar rawat inap, data penggunaan obat, dan data pembayaran pada rumah sakit, sering terjadi kendala untuk mendapatkan informasi yang cepat dan tepat karena belum terkomputerisasi dengan baik. Dengan adanya suatu sistem berbasis komputer diharapkan dapat menghasilkan informasi secara capat dan tepat mengenai seluruh data yang dibutuhkan pihak rumah sakit. Hasil informasi berupa laporan yang akan digunakan oleh pihak rumah sakit dalam mengambil keputusan atau peningkatan upaya pelayanan yang lebih baik.

Dalam tugas akhir ini penulis merancang suatu sistem informasi khususnya pada administrasi rawat inap yang telah terkomputerisasi nantinya. Perancangan ini menggunakan perangkat lunak  Microsoft Visual Basic 2008, Microsoft SQL Server 2005 dan Crystal Report.

Hasil akhir dari perancangan sistem informasi administrasi rawat inap pada RSU. Muhammadiyah Sumut diharapkan dapat memberikan saran atau masukan yang baik bagi pihak rumah sakit ke depannya, agar pengolahan data khususnya untuk administrasi rawat inap dapat terintegrasi dengan baik, sehingga pihak rumah sakit dapat dengan mudah megakses data dan mengolah data menjadi informasi dengan cepat. Dengan begitu dapat meningkatkan pelayanan kepada pasien dari segi waktu.

Kata kunci : Rumah Sakit, Administrasi, Rawat Inap




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v0i58.615

Article Metrics

Abstract view : 229 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 153 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Buyung Solihin Hasugian, J. Prayoga J. Prayoga

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.