PENGARUH HARGA, DIFERENSIASI PRODUK DAN SISTEM PEMBAYARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT. MULTI WAHANA PERKASA

Enika Diana Batubara, Daniel Yusuf, Sariyanto Sariyanto, Yenni Ramadhani Harahap, T. Elfira Rahmayati

Abstract


Berdasarkan hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa harga, diferensiasi produk dan sistem pembayaran berpengaruh terhadap variabel keputusan pembelian. Itu dapat dilihat dari nilai masing-masing thitung lebih besar daripada ttabel. Variabel yang mempunyai pengaruh lebih dominan terhadap keputusan pembelian adalah variabel sistem pembayaran karena nilai koefisien regresinya lebih besar daripada variabel harga dan diferensiasi produk. Berdasarkan hasil analisis di atas, diketahui bahwa Fhitung > Ftabel (36,043> 2.73) yang menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Artinya, variabel harga, diferensiasi produk dan sistem pembayaran berpengaruh signifikan positif secara bersama-sama terhadap variabel keputusan pembelian. Dari nilai koefisien determinasi (R Square) diketahui bahwa keputusan memilih konsumen dipengaruhi secara bersama-sama oleh variabel harga, diferensiasi produk dan sistem pembayaran sebesar 0,577 atau 57,7% sedangkan sisanya sebesar 42,3% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar penelitian ini.


Keywords


Harga, Diferensiasi Produk, Sistem Pembayaran, Keputusan Pembelian.

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Chan, Kah Sing. 2004. Electronic Commerce and Supply Chain Management. 2nd edition. Thomas Learning Asia,Singapore.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS 17. Cetakan Kelima. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Griffin, Jill. 2015. Customer Loyalty: Menumbuhkan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Alih Bahasa Dwi Kartini Yahya. Jakarta: Erlangga.

Hasibuan. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Kartajaya, Hermawan. 2012. Newwave Marketing. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Kotler, Philip. 2010. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi Ketiga. Jilid Satu. Jakarta: Erlangga.

_____________dan Gary Amstrong. 2012. Manajemen Pemasaran Jilid Satu, Edisi Keduabelas. Cetakan Ketiga. Jakarta: PT. Indeks.

____________ dan Kevin Lane Keller. 2010. Manajemen Pemasaran, Jilid-2, Edisi-13. Penerjemah Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

_________________________________. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid Satu, Edisi Ketigabelas Jakarta: Erlangga.

Machfoedz, Mahmud. 2005. Pengantar Pemasaran Modern. Yogyakarta. Upp Amp Ykpn.

Priyatno, Duwi. 2013. Mandiri Belajar Analisis Data Dengan SPSS, Cetakan Pertama. Yogyakarta: Mediakom.

Shinta, Agustina. 2011. Manajemen Pemasaran. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kualitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Suharno. 2010. Marketing in Practice. edisi pertama, penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta.

Sunyoto, Danang. 2013. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CAPS.




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v19i1.6068

Article Metrics

Abstract view : 133 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 64 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Enika Diana Batubara, Daniel Yusuf, Sariyanto Sariyanto, Yenni Ramadhani Harahap, T. Elfira Rahmayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.