SISTEM PELAYANAN KASIR TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN PADA RESTORAN SAJIAN BHINNEKA MEDAN

Dina Octavia, Jufri Halim

Abstract


Restoran Sajian Bhineka Medan sebagai usaha makanan berkewajiban untuk memberikan layanan terbaik dalam menghadapi pelanggan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelayanan kasir terhadap tingkat kepuasan pelanggan pada restoran Sajian Bhinneka Medan. Adapun teknik yang dilakukan oleh peneliti ialah metode pengamatan (observasi), wawancara (interview), dan kepustakaan (library). Penulis melakukan wawancara dengan supervisor dan pelanggan restoran Sajian Bhinneka Medan. Sistem  pelayanan kasir terhadap tingkat kepuasan pelanggan pada restoran Sajian Bhinneka Medan berpengaruh terhadap peningkatan jumlah pelanggan yang datang meningkat sekitar 61% per tahun.Pelanggan pada restoran Sajian Bhinneka merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh pihak kasir dari hasil wawancara kepada pelanggan.

Keywords


pelayanan, pelanggan, kepuasan pelanggan.

References


Arnold, and Zinkhan, 2005. Consumers. Singapore.

Bahrul Kirom, 2010, Mengukur Kinerja Pelayanan dan Kepuasan Konsumen.

Bandung, Pustaka reka Cipta.

Freddy, Rangkuti. 2006. Teknik Mengukur Dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Jakarta.

Kotler dan Keller 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga

Kotler, Amstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Lovelock dan Gummeson Evert dalam Lovelock, Wirtz, dan musry 2013. Pemasaran Jasa

Manusia, Teknologi, Strategi : perspektif Indonesia. Jakarta : Erlangga

Moenir, 2005. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia, Bumi Aksara, Jakarta

Ratih harriyati 2005. Bauran Pemasaran Dan loyalitas Konsumen. Bandung

Ratminto, dkk. 2010. Manajemen Pelayanan.Yogyakarta.

Ratminto dan Atik Septi Winarsih, 2010. Manajemen Pelayanan.Yogyakarta.

Rambat, Lupiyoadi, dan A. Hamdani. 2008. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta, Salemba

Empat.




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v19i1.5902

Article Metrics

Abstract view : 160 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 77 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Dina Octavia, Jufri Halim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.