ANALISIS AUDIT SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN PADA PERGURUAN TINGGI MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5.0

Nur Ainun, Nabila Dwi Febria, Yusnaini Yusnaini

Abstract


Penelitian ini membahas analisa audit sistem informasi perpustakaan di perguruan tinggi untuk meningkatkan minat baca mahasiswa pada era Digital 5.0. Audit dilakukan untuk mengevaluasi infrastruktur teknologi, keamanan data, aksesibilitas, dan pengalaman pengguna dalam mendukung layanan perpustakaan. Hasil menunjukkan bahwa integrasi teknologi seperti kecerdasan buatan (AI), digitalisasi koleksi, dan pengembangan aplikasi mobile dapat meningkatkan minat baca secara signifikan. Namun, tantangan seperti kurangnya literasi digital dan keterbatasan infrastruktur perlu segera diatasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa audit sistem informasi memberikan langkah strategis untuk menciptakan layanan perpustakaan yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan mahasiswa.


Keywords


Audit sistem informasi, perpustakaan perguruan tinggi, minat baca, era Digital 5.0.

Full Text:

PDF

References


Aisyah, N., & Pratama, A. R. (2021). Sistem Informasi Perpustakaan Digital Berbasis Mobile untuk Meningkatkan Minat Baca Mahasiswa. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 14(2), 123-134.

Arisma, Olynda Ade, 2012 Peningkatan Minat dan Kemampuan Membaca Melalui Penerapan Program Jam Baca Sekolah di Kelas VII SMP Negeri Puri. Malang: Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang

Ekowansyah, E., Chrisnanto, Y. H., Sabrina, P. N., Informatika, P. S., Mipa, F., Terusan, U. J. A. Y. J., ... & Barat, J. (2017). Audit Sistem Informasi Akademik Menggunakan COBIT 5 di Universitas Jenderal Achmad Yani. Pros. Semin. Nas. Komput. dan Inform, 2017, 201-206.

Gunawan, A., & Suharto, R. (2022). Peran Audit Sistem Informasi dalam Meningkatkan Kinerja Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jurnal Manajemen Informatika, 10(3), 45-52

Hariyanto, T. (2020). Implementasi Teknologi Digital dalam Meningkatkan Minat Baca di Era Revolusi Industri 5.0. Jurnal Literasi Digital, 8(1), 21-30.

Nasution, F., & Hidayat, T. (2021). Analisis Pengaruh Literasi Digital terhadap Minat Baca Mahasiswa: Studi Kasus pada Perpustakaan Universitas. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Informasi, 5(4), 56-68.

Putri, S. N., & Kurniawan, D. (2022). Audit Keamanan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis COBIT 5: Studi Kasus Perguruan Tinggi di Indonesia. Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi, 12(2), 78-90.

Rahmat, R., & Dewi, S. (2020). Peran Perpustakaan Digital dalam Meningkatkan Literasi Informasi Mahasiswa di Era Digital 5.0. Jurnal Pendidikan Tinggi dan Teknologi, 14(1), 89-97.

Setiawan, I., & Utami, R. (2023). Pengembangan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Artificial Intelligence untuk Mendukung Pembelajaran Digital. Jurnal Riset Teknologi Informasi, 11(3), 34-50.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutanto, D., & Wijaya, M. (2021). Gamifikasi pada Sistem Perpustakaan Perguruan Tinggi untuk Meningkatkan Minat Baca. Jurnal Teknologi dan Inovasi, 9(2), 123-132.

Wahyuni, S. (2018). Upaya peningkatan minat baca mahasiswa: studi kasus pada Perpustakaan STMIK AKAKOM Yogyakarta. Jurnal IPI (Ikatan Pustakawan Indonesia), 3(1), 11-19.

Yulianto, H., & Sari, P. (2022). Evaluasi Sistem Informasi Perpustakaan di Perguruan Tinggi Menggunakan Pendekatan COBIT 2019. Jurnal Manajemen Teknologi, 13(4), 99-110




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v19i1.5540

Article Metrics

Abstract view : 177 times
PDF – 128 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 nur Ainun, nabila dwi febria, yus naini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.