Analisis Perilaku Belanja Online Mahasiswa Politeknik Unggul LP3M

Ester Hervina Sihombing

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku belanja online mahasiswa Politeknik Unggul LP3M, dengan fokus pada frekuensi dan intensitas belanja, preferensi platform belanja, serta faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, melibatkan 60 mahasiswa sebagai responden yang dipilih melalui purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner online dan dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa berbelanja online 1-2 kali per bulan, dengan produk fashion sebagai kategori produk yang paling sering dibeli. Platform belanja online yang paling populer adalah Shopee, diikuti oleh Tokopedia dan Lazada. Faktor utama yang mempengaruhi keputusan pembelian adalah harga dan promosi, diikuti oleh ulasan produk dan kemudahan akses platform. Penelitian juga menemukan bahwa belanja online memiliki dampak signifikan terhadap pengeluaran bulanan mahasiswa, meskipun sebagian besar responden merasa mampu mengelola keuangan mereka dengan baik. Temuan ini memberikan wawasan tentang perilaku belanja online mahasiswa, yang dapat digunakan sebagai dasar untuk mengembangkan program edukasi mengenai manajemen keuangan yang lebih efektif.


Keywords


Belanja online, perilaku konsumen, mahasiswa, Politeknik Unggul LP3M, platform e-commerce.

References


Anggraeni, P., & Madiawati, P. N. (2016). Pengaruh Kepercayaan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Situs www.traveloka.com. E-Proceeding of Management, Vol.3, No.2, 181.

Harahap, D. A., & Amanah, D. (2018). Perilaku Belanja Online Di Indonesia: Studi Kasus. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI).

Suharsaputra, U. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Tindakan. Bandung: Refika Aditama

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Edisi 4. Bandung: Alfabeta.

Sekaran, U. 2006. Metodologi Penelitian untuk Bisnis. Edisi 4, Buku 2. Jakarta: Salemba Empat.

Vinsensia Dianawanti. 2018. Begini perubahan pola konsumsi belanja ritel di era digital, diperoleh pada 21 November 2023 di: https://www.fimela.com/lifestyle-relationship/read/3684408/beginiperubahan-pola-konsumsi-belanja-ritel-di-era-digital




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v18i4.5077

Article Metrics

Abstract view : 108 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 40 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ester Hervina Sihombing

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.