Analisis Kualitas Layanan Aplikasi Access By Kai Dalam Meningkatkan Jumlah Pengguna Jasa Transportasi Kereta Api Pada PT. KAI Divisi Regional 1 Sumatera Utara Kota Medan

Al Firah, Sri Widya Lestari

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui kualitas layanan,  kendala yang dihadapi, dan solusi pengguna aplikasi Access By KAI dalam meningkatkan jumlah pengguna jasa transportasi kereta api pada PT. KAI Divisi Regional 1 Sumatera Utara, Kota Medan. Metode pengumpulan data melibatkan observasi,wawancara, dan studi pustaka, dengan analisis data deskriftif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan aplikasi Access By KAI sudah sangat baik dalam memberikan pelayanan, kecepatan, ketepatan dan penyampaian informasi kepada penumpang dengan memberikan beberapa kemudahan melalui beragam fitur platform digital yang disediakan sehingga dapat dengan mudah melakukan pemesanan tiket dan mengeluarkan fitur pengingat dimana para penumpang memiliki trip virtual assistant. Dan tersedianya layanan costumer service yang memberikan fast respon jika penumpang mengalami kesulitan. Kendala jaringan menyebakan calon penumpang dan penumpang tidak dapat mengakses aplikasi sesuai kebutuhan. Namun, petugas akan tanggap melalui layanan call center, pos pelayanan saran dan kritik di nomor 121. Kereta Api Divisi Regional 1 Sumatera Utara akan terus melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas terhadap para pekerja seperti pemahaman aplikasi melalui workshop, pelatihan dan mensosialisasikan kepada masyarakat yang belum paham aplikasi ini.


Keywords


Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Digital Marketing, Acces By KAI

References


Cahyo, A. N. (2018). Pengaruh Harga Kompetitif, Pemasaran Digital dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Indihome Fiber (Studi Kasus di PT. Telekomunikasi Indonesia, TBK. Datel Wonogiri).

Handi Irawan. (2010). Prinsip Kepuasan Pelanggan. Penerbit: Elex Media Komputindo.

Jamaluddin. Kamaruddin Sellang. (2016) Strategi Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Dimensi, Konsep, Indikator dan Implementasinya. Penerbit : Qiara Media.

Kotler, P. & Keller, K. L. (2013).Pengertian Kepuasan Pelanggan . Jakarta: Py

Kotler, P. & Keller, K. L. (2016). Indikator Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Py

Tjiptono, F. (2010). Strategi Pemasaran. Edisi kedua, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Utoyo, E. A. (2021). Indikasi Praktek Monopoli Dalam Pembayaran Tiket Kereta Api (KAI Access) Melalui Dompet Elektronik di Indonesia. Jurist- Diction, 4(6), 2321–2339.

Zunan Setiawan, Arief Yanto Rukmana, Made Putri Ariasi. (2023). Buku Ajar Digital Marketing. Penerbit : PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Oktaviani, F. & Rustandi, D. (2018). Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. Profesi Humas , 3 (1), 3.

Wibowo, A. N. F. A. W. (2020). Collaborative Governance Dalam Pelayanan Transportasi Publik (Studi BRT Trans Semarang). Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(3), 1–18.




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v18i3.4769

Article Metrics

Abstract view : 136 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 246 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Warta Dharmawangsa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor