Peran Storytelling Dalam Menyusun Dan Mempertahankan Identitas Brand Heritage Di Destinasi Wisata Tjong A Fie

Handika Permana Agung, Luthfy Aulia Lubis, Nabila Fahriani Pane, Rizqa Nabilah Rangkuti, Onan Marakali Siregar, Afrila Mulyati Siregar

Abstract


Penelitian ini mengangkat peran yang sangat penting dari dua konsep utama dalam dunia pemasaran, yaitu storytelling dan brand trust, dalam konteks produk kecantikan, khususnya merek Wardah, di Indonesia. Dengan menggabungkan kedua konsep ini, penelitian ini tidak hanya bertujuan untuk memahami seberapa besar pengaruh storytelling marketing terhadap brand trust konsumen, tetapi juga untuk mengidentifikasi dampaknya terhadap keputusan pembelian. Dalam menjalankan penelitian ini, fokus diberikan pada hubungan yang saling memperkuat antara storytelling, brand trust, dan keputusan pembelian. Melalui pendekatan ini, penelitian ini diharapkan mampu memberikan kontribusi yang signifikan dalam pemahaman strategis pemasaran produk kecantikan, memberikan kerangka kerja yang lebih komprehensif bagi perusahaan untuk mengembangkan strategi pemasaran yang tidak hanya efektif tetapi juga berkelanjutan. Dengan memiliki pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana storytelling dan brand trust berinteraksi dalam membentuk perilaku konsumen, diharapkan perusahaan dapat meningkatkan kepuasan konsumen dan memperkuat ikatan dengan pasar mereka, sehingga menciptakan kondisi yang lebih kuat untuk pertumbuhan dan kesuksesan jangka panjang.


Keywords


Pemasaran, storytelling, brand trust, bisnis, konsumen

References


Agustina, et.al. 2023. Pengaruh Brand Ambassador, E-WOM, dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Erigo. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Merdeka EMBA. Vol. 2 No. 1.

Anita, T.L & Lestari, N.S. 2020. Konsep Brand Storytelling, Value Perceptions dan Visit Intention pada Kawasan Tujuan Wisata di Jakarta Survey pada Video Iklan Taman Mini Indonesia Indah di YouTube. Jurnal IPTA (Industri Perjalanan Wisata). Vol. 8, No.2.

Choi, M.W. 2024. ‘A typology of storytelling marketing: A case analysis. Journal of Logistics, Informatics and Service Science. Vol. 11 No. 1.

Dewi Ade N.K., dan Herman I. H. 2021. Analisis Implementasi Visual Stortelling Marketing dan Brand Trust Serta Pengaruh Terhadap Minat Beli Kosmetik Wardah Pada Mahasiswa Di Purwakarta. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 8 No.2, hal 108-116

Latif, et.al. 2023. Pemanfaatan Storytelling Marketing sebagai Alat Bantu Bisnis UMKM di Kelurahan Taman, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol.4. No.1.

Pravitaswari, N. 2018. Pengaruh Storytelling Marketing Terhadap Brand Equity dan Keputusan Pembelian Survei pada Video Iklan Allure Matcha Latte Story di Youtube. Jurnal Administrasi Bisnis. Vo.57 No.1.

Sari, Y. (2022). Pengaruh citra merek Terhadap Keputusan pembelian sepeda motor Honda pada pt. Tunas Dwipa Matra Bandar Lampung. Journal of Accounting Taxing and Auditing (JATA), 3(2). https://doi.org/10.57084/jata.v3i2.887




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v18i3.4754

Article Metrics

Abstract view : 104 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 232 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Warta Dharmawangsa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor