Peran Literasi Sains Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa SMP
Abstract
Literasi sains membantu siswa dalam memahami konsep-konsep ilmiah yang kompleks dan menerapkannya dalam konteks kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis studi literatur . Data diambil salah satu SMP di Kota Bekasi Jawa Barat. Data juga diambil dengan dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui literasi sains, siswa dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis dalam mengevaluasi informasi ilmiah dan membuat keputusan yang berbasis bukti. Selain itu Literasi sains memungkinkan siswa untuk mengaplikasikan pengetahuan sains dalam kehidupan sehari-hari dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Apipah, S., Pasani, C., & Hafizah, E. (2022). Pengembangan bahan ajar gerak dan gaya berbasis
literasi sains dan bermuatan karakter kerja keras untuk siswa smp. Indonesian Journal of Science Education and Applied Science, 2(1), 24. https://doi.org/10.20527/i.v2i1.5242
Banila, L., Lestari, H., & Siskandar, R. (2021). Penerapan blended learning dengan pendekatan
stem untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa pada pembelajaran biologi di masa pandemi covid-19. Journal of Biology Learning, 3(1), 25. https://doi.org/10.32585/jbl.v3i1.1348
Fuadi, H., Robbia, A., Jamaluddin, J., & Jufri, A. (2020). Analisis faktor penyebab rendahnya
kemampuan literasi sains peserta didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108-116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122
Handayani, N. and Jumadi, J. (2021). Analisis pembelajaran ipa secara daring pada masa
pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 217-233. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.19033
Handayani, T., Winarni, E., & Koto, I. (2021). Pengembangan media komik digital berbasis
stem dalam meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 4(1), 22-29. https://doi.org/10.33369/dikdas.v4i1.14630
Harlina, H., Ramlawati, R., & Rusli, M. (2020). Deskripsi kemampuan literasi sains peserta
didik kelas ix di smpn 3 makassar. Jurnal Ipa Terpadu, 3(2). https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v3i2.12320
Hermawan, W., Abidin, Z., & Junaedi, E. (2018). Peran gender dan kesadaran metakognitif
siswa sma di kabupaten kuningan terhadap hasil belajar biologi. Quagga Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 10(2), 12. https://doi.org/10.25134/quagga.v10i2.904
Irsan, I. (2021). Implemensi literasi sains dalam pembelajaran ipa di sekolah dasar. Jurnal
Basicedu, 5(6), 5631-5639. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1682
Istiqamah, D., Hakim, A., & Junus, M. (2022). Studi komparasi buku teks pelajaran ipa smp/mts
kelas viii semester ii buku sekolah elektronik (bse), balitbang, dan erlangga dalam aspek literasi sains. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (Jlpf), 3(1), 28-38. https://doi.org/10.30872/jlpf.v3i1.654
Khairani, M., Sutisna, S., & Suyanto, S. (2019). Studi meta-analisis pengaruh video
pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik. Jurnal Biolokus, 2(1), 158. https://doi.org/10.30821/biolokus.v2i1.442
Latip, A. and Faisal, A. (2021). Upaya peningkatan literasi sains siswa melalui media
pembelajaran ipa berbasis komputer. Jurnal Pendidikan Uniga, 15(1), 444. https://doi.org/10.52434/jp.v15i1.1179
Latip, A., Rahmaniar, A., Burhanudin, B., & Permatasari, D. (2021). Analisis literasi sains
mahasiswa calon guru ipa tingkat pertama ditinjau dari latar belakang pendidikan sma dan smk. Phenomenon Jurnal Pendidikan Mipa, 11(2), 189-202. https://doi.org/10.21580/phen.2021.11.2.9667
Melani, W., Rahayu, H., & Sunandar, A. (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran
berbasis digital dengan aplikasi articulate storyline untuk melatih literasi sains. Pedagogi Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(2), 127-133. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v22i2.1402
Melani, W., Rahayu, H., & Sunandar, A. (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran
berbasis digital dengan aplikasi articulate storyline untuk melatih literasi sains. Pedagogi Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(2), 127-133. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v22i2.1402
Miarsyah, M., Wulandari, M., & Putrawan, I. (2018). Hubungan antara kesungguhan
(conscientiousness) dengan hasil belajar biologi: studi korelasional terhadap siswa kelas x mipa di sma negeri 38 jakarta. Biosfer Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 28-33. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.9-1.5
Nasution, F., Hasibuan, I., & Lubis, J. (2017). Peningkatan hasil belajar biologi siswa melalui
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (gi). Peteka, 1(1), 28. https://doi.org/10.31604/ptk.v1i1.28-33
Pramita, D. (2016). Kemampuan proses sains siswa melalui pendekatan saintifik dalam
pembelajaran ipa terpadu pada tema global warming. Edusains, 8(1). https://doi.org/10.15408/es.v8i1.1564
Pratama, Y., Iswari, R., & Ngabekti, S. (2018). Korelasi persepsi dan minat dengan hasil belajar
siswa kelas 10 lintas minat biologi sman 1 ambarawa. Phenomenon Jurnal Pendidikan Mipa, 8(1), 57-67. https://doi.org/10.21580/phen.2018.8.1.2183
Puspayani, D. (2019). Upaya peningkatan hasil belajar biologi materi pokok keunikan hutan
hujan tropis melalui penerapan metode eksperimen. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(1), 97. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i1.17615
Putra, I., Pujani, N., & Juniartina, P. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe
jigsaw terhadap pemahaman konsep ipa siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (Jppsi), 1(2), 80. https://doi.org/10.23887/jppsi.v1i2.17215
Rahmayanti, S., Andayani, Y., & Idrus, S. (2021). Studi kemampuan literasi sains mahasiswa
pendidikan kimia terkait etnosains bau nyale. Jurnal Pijar Mipa, 16(3), 326-332. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i3.2362
Rambe, M. and Yarni, N. (2019). Pengaruh gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik
terhadap prestasi belajar siswa sma dian andalas padang. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 291-296. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.486
Ramdani, A., Jufri, A., & Jamaluddin, J. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis
android pada masa pandemi covid-19 untuk meningkatkan literasi sains peserta didik. Jurnal Kependidikan Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 433. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2924
Rijal, S. and Bachtiar, S. (2015). Hubungan antara sikap, kemandirian belajar, dan gaya belajar
dengan hasil belajar kognitif siswa. Jurnal Bioedukatika, 3(2), 15. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v3i2.4149
Situmorang, R. (2016). Integrasi literasi sains peserta didik dalam pembelajaran sains. Satya
Widya, 32(1), 49. https://doi.org/10.24246/j.sw.2016.v32.i1.p49-56
Subudi, I. (2021). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar biologi sebagai dampak penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Journal of Education Action Research, 5(1). https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.32131
Suryani, F. (2020). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar biologi melalui group investigation.
Paedagogie, 15(2), 41-48. https://doi.org/10.31603/paedagogie.v15i2.4169
Utami, R. and Desstya, A. (2021). Analisis cakupan literasi sains dalam buku siswa kelas v tema
karya ari subekti di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5001-5013. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1556
Warmadewi, I. (2022). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis literasi sains
dalam pembelajaran ipa. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 325-331. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.600
Zohri, L., Jufri, A., Sedijani, P., Artayasa, I., & Syukur, A. (2022). Pengembangan bahan ajar
berbasis next generation science standard (ngss) terintegrasi game discovery untuk melatih literasi sains dan keterampilan berargumentasi ilmiah. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1496-1511. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.784
DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v18i2.4518
Article Metrics
Abstract view : 169 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 514 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Warta Dharmawangsa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:
Member Of :
Diterbitkan oleh:
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Email : warta@dharmawangsa.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.