Peran Literasi Sains Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa SMP

Netty Demak H Sitanggang, Arum Sanjayanti, Deden Ibnu Aqil, Farhan Widiyaputra

Abstract


Literasi sains membantu siswa dalam memahami konsep-konsep ilmiah yang kompleks dan menerapkannya dalam konteks kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis studi literatur . Data diambil salah satu SMP di Kota Bekasi Jawa Barat. Data juga diambil dengan dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui literasi sains, siswa dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis dalam mengevaluasi informasi ilmiah dan membuat keputusan yang berbasis bukti. Selain itu Literasi sains memungkinkan siswa untuk mengaplikasikan pengetahuan sains dalam kehidupan sehari-hari dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.


Keywords


Literasi Sains, hasil belajar Biologi, siswa SMP

References


Apipah, S., Pasani, C., & Hafizah, E. (2022). Pengembangan bahan ajar gerak dan gaya berbasis

literasi sains dan bermuatan karakter kerja keras untuk siswa smp. Indonesian Journal of Science Education and Applied Science, 2(1), 24. https://doi.org/10.20527/i.v2i1.5242

Banila, L., Lestari, H., & Siskandar, R. (2021). Penerapan blended learning dengan pendekatan

stem untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa pada pembelajaran biologi di masa pandemi covid-19. Journal of Biology Learning, 3(1), 25. https://doi.org/10.32585/jbl.v3i1.1348

Fuadi, H., Robbia, A., Jamaluddin, J., & Jufri, A. (2020). Analisis faktor penyebab rendahnya

kemampuan literasi sains peserta didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108-116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122

Handayani, N. and Jumadi, J. (2021). Analisis pembelajaran ipa secara daring pada masa

pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 217-233. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.19033

Handayani, T., Winarni, E., & Koto, I. (2021). Pengembangan media komik digital berbasis

stem dalam meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 4(1), 22-29. https://doi.org/10.33369/dikdas.v4i1.14630

Harlina, H., Ramlawati, R., & Rusli, M. (2020). Deskripsi kemampuan literasi sains peserta

didik kelas ix di smpn 3 makassar. Jurnal Ipa Terpadu, 3(2). https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v3i2.12320

Hermawan, W., Abidin, Z., & Junaedi, E. (2018). Peran gender dan kesadaran metakognitif

siswa sma di kabupaten kuningan terhadap hasil belajar biologi. Quagga Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 10(2), 12. https://doi.org/10.25134/quagga.v10i2.904

Irsan, I. (2021). Implemensi literasi sains dalam pembelajaran ipa di sekolah dasar. Jurnal

Basicedu, 5(6), 5631-5639. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1682

Istiqamah, D., Hakim, A., & Junus, M. (2022). Studi komparasi buku teks pelajaran ipa smp/mts

kelas viii semester ii buku sekolah elektronik (bse), balitbang, dan erlangga dalam aspek literasi sains. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (Jlpf), 3(1), 28-38. https://doi.org/10.30872/jlpf.v3i1.654

Khairani, M., Sutisna, S., & Suyanto, S. (2019). Studi meta-analisis pengaruh video

pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik. Jurnal Biolokus, 2(1), 158. https://doi.org/10.30821/biolokus.v2i1.442

Latip, A. and Faisal, A. (2021). Upaya peningkatan literasi sains siswa melalui media

pembelajaran ipa berbasis komputer. Jurnal Pendidikan Uniga, 15(1), 444. https://doi.org/10.52434/jp.v15i1.1179

Latip, A., Rahmaniar, A., Burhanudin, B., & Permatasari, D. (2021). Analisis literasi sains

mahasiswa calon guru ipa tingkat pertama ditinjau dari latar belakang pendidikan sma dan smk. Phenomenon Jurnal Pendidikan Mipa, 11(2), 189-202. https://doi.org/10.21580/phen.2021.11.2.9667

Melani, W., Rahayu, H., & Sunandar, A. (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran

berbasis digital dengan aplikasi articulate storyline untuk melatih literasi sains. Pedagogi Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(2), 127-133. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v22i2.1402

Melani, W., Rahayu, H., & Sunandar, A. (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran

berbasis digital dengan aplikasi articulate storyline untuk melatih literasi sains. Pedagogi Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(2), 127-133. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v22i2.1402

Miarsyah, M., Wulandari, M., & Putrawan, I. (2018). Hubungan antara kesungguhan

(conscientiousness) dengan hasil belajar biologi: studi korelasional terhadap siswa kelas x mipa di sma negeri 38 jakarta. Biosfer Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 28-33. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.9-1.5

Nasution, F., Hasibuan, I., & Lubis, J. (2017). Peningkatan hasil belajar biologi siswa melalui

penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (gi). Peteka, 1(1), 28. https://doi.org/10.31604/ptk.v1i1.28-33

Pramita, D. (2016). Kemampuan proses sains siswa melalui pendekatan saintifik dalam

pembelajaran ipa terpadu pada tema global warming. Edusains, 8(1). https://doi.org/10.15408/es.v8i1.1564

Pratama, Y., Iswari, R., & Ngabekti, S. (2018). Korelasi persepsi dan minat dengan hasil belajar

siswa kelas 10 lintas minat biologi sman 1 ambarawa. Phenomenon Jurnal Pendidikan Mipa, 8(1), 57-67. https://doi.org/10.21580/phen.2018.8.1.2183

Puspayani, D. (2019). Upaya peningkatan hasil belajar biologi materi pokok keunikan hutan

hujan tropis melalui penerapan metode eksperimen. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(1), 97. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i1.17615

Putra, I., Pujani, N., & Juniartina, P. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe

jigsaw terhadap pemahaman konsep ipa siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (Jppsi), 1(2), 80. https://doi.org/10.23887/jppsi.v1i2.17215

Rahmayanti, S., Andayani, Y., & Idrus, S. (2021). Studi kemampuan literasi sains mahasiswa

pendidikan kimia terkait etnosains bau nyale. Jurnal Pijar Mipa, 16(3), 326-332. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i3.2362

Rambe, M. and Yarni, N. (2019). Pengaruh gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik

terhadap prestasi belajar siswa sma dian andalas padang. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 291-296. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.486

Ramdani, A., Jufri, A., & Jamaluddin, J. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis

android pada masa pandemi covid-19 untuk meningkatkan literasi sains peserta didik. Jurnal Kependidikan Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 433. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2924

Rijal, S. and Bachtiar, S. (2015). Hubungan antara sikap, kemandirian belajar, dan gaya belajar

dengan hasil belajar kognitif siswa. Jurnal Bioedukatika, 3(2), 15. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v3i2.4149

Situmorang, R. (2016). Integrasi literasi sains peserta didik dalam pembelajaran sains. Satya

Widya, 32(1), 49. https://doi.org/10.24246/j.sw.2016.v32.i1.p49-56

Subudi, I. (2021). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar biologi sebagai dampak penerapan

model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Journal of Education Action Research, 5(1). https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.32131

Suryani, F. (2020). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar biologi melalui group investigation.

Paedagogie, 15(2), 41-48. https://doi.org/10.31603/paedagogie.v15i2.4169

Utami, R. and Desstya, A. (2021). Analisis cakupan literasi sains dalam buku siswa kelas v tema

karya ari subekti di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5001-5013. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1556

Warmadewi, I. (2022). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis literasi sains

dalam pembelajaran ipa. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 325-331. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.600

Zohri, L., Jufri, A., Sedijani, P., Artayasa, I., & Syukur, A. (2022). Pengembangan bahan ajar

berbasis next generation science standard (ngss) terintegrasi game discovery untuk melatih literasi sains dan keterampilan berargumentasi ilmiah. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1496-1511. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.784




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v18i2.4518

Article Metrics

Abstract view : 169 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 514 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Warta Dharmawangsa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.