Strategi Pemasaran Ritel Untuk Meningkatkan Daya Beli Pelanggan (Studi Kasus Toko di Kabupaten Bekasi )

Loecita Sandiar, Hugo Aries Suprapto, Husain Nurisman, Davina Tria Julianti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi apa yang dilakukan oleh Toko ritel dalam memasarkan produk mereka kepada pelanggan.  Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Data diambil pada 10 toko yang ada di kabupaten Bekasi Jawa Barat. Data diambil dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan adalah, memberikan beberapa promosi dan pelayanan prima kepada pelanggan. Pemanfaatan teknologi juga dilakukan agar pelanggan merasa puas dan mau membeli lagi. untuk meningkatkan daya beli pelanggan dan mendorong pertumbuhan bisnis. bahwa penerapan strategi pemasaran yang holistik dan terintegrasi dapat berkontribusi secara signifikan dalam meningkatkan daya beli pelanggan


Keywords


Pemasaran, ritel, daya beli, pelanggan

References


Cheung, S., Shirai, Y., Morita, H., & Nakamoto, M. (2014). Understanding changes in customer purchase behavior: study of attenuation model for multiparametric purchase preferences.. https://doi.org/10.1109/icdmw.2014.115

Czerniachowska, K. (2021). Merchandising rules for shelf space allocation with horizontal and vertical positions. Informatyka Ekonomiczna, 2021(4), 9-33. https://doi.org/10.15611/ie.2021.1.01

Kavalić, M. (2019). The model for establishing competitive advantage of retail chains for countries in transition.

https://doi.org/10.33422/icrbmf.2019.07.1001

Khan*, A. (2019). Effectiveness of retail marketing-mix on consumer patronage: a performance assessment of selected supermarkets. International Journal of Recent Technology and Engineering, 8(4), 8349-8353. https://doi.org/10.35940/ijrte.d9038.118419

Kurnia, A., Rustiadi, E., & Pravitasari, A. (2020). Characterizing industrial-dominated suburban formation using quantitative zoning method: the case of bekasi regency, indonesia. Sustainability, 12(19), 8094. https://doi.org/10.3390/su12198094

Menidjel, C. and Bilgihan, A. (2022). The determinants of retail customers' purchase intent. International Journal of Consumer Studies, 46(6), 2503-2520. https://doi.org/10.1111/ijcs.12802

Sachitra, V. and Konara, S. (2023). Role of interior and exterior stores visual merchandising on consumers’ impulsive buying behaviour: reference to apparel retail stores in sri lanka. Asian Journal of Education and Social Studies, 40(1), 16-29. https://doi.org/10.9734/ajess/2023/v40i1863




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v18i2.4516

Article Metrics

Abstract view : 248 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 586 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Warta Dharmawangsa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.